Antisipasi Pendatang Baru, Pemprov DKI Perketat Pengurusan KTP IlustrasiKTP (Foto: MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

MerahPutih Megapolitan - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan memperketat pembuatan KTP di Jakarta. ‎Bagi pendatang baru yang ingin mengurus KTP DKI, harus melampirkan dua KTP sebagai penjamin tempat tinggal. 

"Kita tidak sembarang keluarkan KTP. Harus ada jaminan tempat tinggal dan dilampirkan dua KTP penjaminnya," ujar Edison Sianturi, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Senin (11/7) seperti dikutip dari Beritajakarta.com, situs resmi Pemprov DKI Jakarta.

Nantinya, petugas akan berkoordinasi dengan SKPD terkati untuk mengecek status lokasi tempat tinggal. Hal ini agar memastikan pendatang tidak maupun penjamin tinggal di bantaran kali atau lokasi bekas penertiban.

"Jangan sampai mereka masuk ke lokasi yang memang sudah pernah ditertibkan atau lokasi baru yang akan ditertibkan. Ini agar tertib kependudukan bisa berjalan," katanya

Aturan itu juga dilakukan agar bisa mengantisipasi siapa saja penduduk baru yang datang ke DKI Jakarta. Perubahan kependudukan ini nantinya akan tetap melampirkan pengantar dari RT/RW.

"Selama dokumen kependudukannya benar, dicek rumah tempat pindahnya tidak bermasalah langsung diproses. Kalau dibantaran atau fasum/fasos, tidak akan diterbitkan," tandasnya.

BACA JUGA:

  1. Jumlah Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Alami Penurunan
  2. Puncak Arus Balik Tahun Ini Alami Pergeseran
  3. Informasi Puncak Arus Balik Lebaran
  4. Pantauan Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan
  5. Sampai H+3 Pemudik di Terminal Kampung Rambutan Mencapai 101.025 Penumpang

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH