Angkringan Pendopo Ndalem, Suguhkan Nuansa Klasik-Modern Angkringan Pendopo Ndalem. (MP/Fredy Wansyah)

Angkringan merupakan lapak kuliner khas Yogyakarta. Rasanya, tak lengkap berwisata kuliner Anda di Yogyakarta bila tak singgah di angkringan. Angkringan umumnya menyajikan makan-makanan bernilai ekonomis dan tradisional. Di antaranya adalah nasi kucing dan tempe jadah. Suasananya pun sangat sederhana, hanya memanfaatkan gerobak dan pelataran untuk lapak makan.

Nah, jika Anda ingin mencoba angkringan yang tak biasa, Anda wajib singgahi ke Pendopo Ndalem. Di sini Anda akan merasakan angkringan bernuansa klasik-modern. Namun, tetap menyuguhkan makanan-makanan khas angkringan.

Angkringan ini memanfaatkan pendopo rumah Jawa sebagai tempat usaha. Meski hanya menggunakan bagian depan rumah saja, pengunjung tetap bisa merasakan suasana etnik khas Jawanya. Arsitekturnya bernuansa Jawa klasik. Beberapa furniture, seperti patung loro blonyo dan pendar klasik (lampu pendar) ada di sini. Kayu penyanggah atau saka juga bergaya rumah adat Jawa klasik.

Nuansa klasik itulah yang menambah nilai unik angkringan Pendopo Ndalem. Nuansa klasik ini pun dipadukan dengan cara penyajian dan pelayanannya yang modern. Sungguh suasana yang unik bagi Anda yang ingin mencoba sensasi baru kuliner angkringan.

Ruang utamanya terdiri dari beberapa meja dan kursi yang disusun seperti berkelompok. Tiap mejanya terdiri dari 4 hingga 6 kursi. Ada pula meja panjang. Konsep ini seakan menawarkan tempat makan bersama keluarga atau kelompok.

Makanan yang disajikan tidak jauh berbeda dengan angkringan pada umumnya. Ada beberapa pilihan nasi dalam ukuran mini, seperti nasi teri, oseng tempe dan nasi bandeng. Sementara lauknya ada sate ayam, sate ati ampela, gorengan sangat khas dengan cita rasa sebuah angkringan dan menu lainnya.

Nah, tips berkunjung ke Pendopo Ndalem, sebaiknya reservasi lebih dulu beberapa jam sebelum datang jika Anda berkunjung secara berkelompok. Pasalnya, tempat ini sering kali kehabisan meja atau lapak, khususnya di waktu weekend atau libur panjang. Pendopo Ndalem buka setiap hari sejak pukul 18.00 sampai pukul 12 tengah malam.

Bagaimana, tertarik makan di angkringan yang berbeda ini? Silakan catat alamat Pendopo Ndalem, di Jalan Sompilan Nomor 12, Ngasem, Yogyakarta.

Artikel ini adalah hasilliputan Fredy Wansyah, Kontributor dan reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE