Ancaman Korea Utara, AS Pastikan Dukungan untuk Jepang Wapres AS Mike Pence (kiri) bersama Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso di kediaman resmi Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Selasa (18/4). (ANTARA FOTO/REUTERS/Franck Robichon/Pool)

Amerika Serikat memastikan komitmen Washington untuk terus mendukung Jepang dari ancaman nuklir dan rudal Korea Utara. Demikian pernyataan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Selasa (18/4).

Mike Pence tiba di Tokyo setelah mengunjungi Korea Selatan, di mana ia juga menyampaikan dukungan serupa.

Kepada Korea Utara, ia menegaskan, era kebijakan "kesabaran strategis" Amerika Serikat terhadap Pyongyang sudah berakhir.

Korea Utara rutin mengancam akan menghancurkan Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Akhir-akhir ini, negara tersebut juga sering melakukan uji coba senjata rudal kendali dan yang terbaru pada Ahad (16/4).

"Era kesabaran strategis sudah usai. Presiden Donald Trump kini tengah mengupayakan kerja sama dengan Jepang, Korea Selatan, dan semua negara sekutu di kawasan, serta Tiongkok untuk mencari resolusi damai dan denuklirisasi semenanjung Korea," kata Pence di Tokyo, sebelum makan siang bersama Perdana Menteri Shinzo Abe.

"Kami mengakui bahwa rakyat Jepang tinggal di tengah provokasi yang terus meluas di sekitar Laut Jepang. Kami 100 persen mendukung anda," katanya.

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH