Alumni 212 Dukung Komnas HAM Lawan Kriminalisasi Ketua Presidium Alumni 212, Ansufri Idrus Sambo. (MP/Fadhli)

Presidium Alumni 212 kembali mendatangi kantor Komnas HAM di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/5). Kedatangan mereka adalah untuk meminta komnas HAM membentuk tim investigasi khusus terkait dugaan kriminalisasi.

Ketua Presidium Alumni 212, Ansufri Idrus Sambo mengatakan, hari ini adalah kelima kalinya pihaknya menyambangi kantor Komnas HAM. Ia menegaskan, pihaknya akan terus datang ke Komnas HAM setiap hari Jumat sampai tuntutan dipenuhi.

"Bisa sampai 100 kali, sampai tuntutan jelas. Sampai penyelidikan ini tuntas," kata Sambo di lokasi.

Menurut Sambo, massa yang menyatakan dukungan akan terus bertambah setiap minggunya. Jika pada Jumat pekan lalu massa yang datang mencapai 1000 orang, Jumat kali ini diharapkan bisa sampai 5000 orang yang mendukung.

"Setiap minggu di hari Jumat kita membawa laporan tanda tangan membawa dukungan kepada Komnas HAM," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, hingga hari ini yang ikut datang ke Komnas HAM hanya massa dari Jakarta. Namun, tidak menutup kemungkinan minggu depan akan ada perwakilan dari daerah-daerah.

"Jadi, hari ini sudah 5.000 dukungan. Insya Allah, minggu depan kita harapkan 20 ribu dan seterusnya, bahkan sampai 100 ribu hingga 1 juta," ujarnya.

Dukungan tersebut dimaksudkan untuk memberi dorongan kepada Komnas HAM supaya tidak ragu dan berani, tidak goyah atas tekanan-tekanan yang ada.

"Karena ini sudah ada indikator tekanan-tekanan, baik dari internal maupun eksternal. Jadi, ada rencana pemakzulan tim investigasi, ini berbahaya," tuturnya.

"Tingkat Komnas HAM aja ditekan, gimana kita yang rakyat biasa, bahaya negeri ini. Pembela HAM saja dilanggar HAM-nya. Karenanya kita berikan dukungan supaya tetap berani," tandasnya. (Fdi)

Baca berita terkait Komnas HAM lainnya di: Komnas HAM Menyayangkan Pengusiran Fahri Hamzah Di Manado


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE