Ahok-Djarot Buncit, Ray Rangkuti: Elektabilitas Ahok Meningkat

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 08 Februari 2017
Ahok-Djarot Buncit, Ray Rangkuti: Elektabilitas Ahok Meningkat
Ray Rangkuti berpeci dalam sebuah diskusi di Jakarta (MP/Fadhli)

Survei Manilka menemukan elektabilitas Ahok-Djarot berada pada posisi buncit dengan persentase 21 persen. Posisi tersebut di bawah pesaingnya Agus-Sylvi dan Anies-Sandi.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai ada kenaikan prosentase elektabilitas walaupun berada pada angka terendah.

Ray mengatakan peningkatan elektabilitas tersebut disebabkan semakin rasionalnya pemilih. Mereka tidak lagi tertarik dengan sekat-sekat isu agama.

"Semakin kondusif karena ada suasana di mana isu-isu agama semakin tidak memikat publik. Kalau kita melihat hasil survei, memperlihatkan naiknya elektabilitas Ahok, justru menurut saya salah satu efek dari persidangan di pengadilan," katanya di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2).

Jika dibandingkan sebelum sidang perkara penistaan agama, pada bulan Oktober hingga Desember 2016, elektabilitas Ahok anjlok hingga titik yang paling rendah.

Rilis Survei Manilka
Suasana jumpa pers rilis hasil survei Manilka (MP/Fadhli)

Namun setelah perkara masuk persidangan, posisi Ahok berangsur meningkat. Di arena sidang, Ahok mampu memberikan klarifikasi terkait pasal yang dituduhkan kepadanya.

"Persidangan menjadi ruang yang bagus bagi Ahok untuk menjelaskan kepada publik," urainya.

Selain itu, kata Ray, debat publik sangat berkontribusi besar bagi peningkatan elektabilitas Ahok-Djarot.

Sementara itu, tim sukses paslon Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul menanggapi sinis terkait temuan survei Manilka. Ia mempertanyakan kapabilitas Survei Manilka hingga menempatkan Ahok-Djarot pada posisi paling bawah.

"Ini Manilka sudah berapa kali bikin Survei, kok tiba-tiba menemukan hasil begitu," katanya.

Meski demikian, Ruhut tetap menghormati hasil riset Manilka.

"Kita menghormati, tapi kami tetap meyakini Ahok-Djarot menang satu putaran. Sudah ada tanda-tanda dari Tuhan. Umat Islam bisa bikin aksi 212 itu berkah dari Allah. Itu pertanda bagi kami, nomor urut dua, satu putaran, dua periode," terang Ruhut, berkelakar.

#Pasangan Ahok-Djarot #Hasil Survei #Ray Rangkuti #Pilgub DKI 2017
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan