Agus Hermanto: Demokrat Konsisten Tolak Hak Angket KPK Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (kanan) dan Taufik Kurniawan (kedua kanan) memimpin rapat tertutup Badan Musyawarah bersama pimpinan fraksi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Politisi Partai Demokrat, Agus Hermanto menegaskan bahwa partai berlambang bintang mercy tersebut sampai saat ini tetap konsisten menolak hak angket yang ditujukan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Demokrat memang konsisten dari awal ,memang kita tidak menyetujui hak angket itu sehingga dari awal sampe hari ini, ya, demokrat tidak setuju," kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (18/5).

Karena itu, kata Agus, Partai Demokrat tidak akan mengirimkan anggotanya untuk masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) hak angket tersebut.

"Kita tidak mengirimkan anggota kita untuk di dalam pansus tersebut," katanya.

Agus yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI itu menekankan, di dalam rapat paripurna sebelum digulirkannya hak angket, Partai Demokrat telah menyampaikan pendapatnya yakni, tidak menyetujui usulan hak 'pamungkas' lembaga legislatif itu.

"Di dalam anggota kita juga tidak ada yang tanda tangan untuk pengajuan angket tersebut, di dalam rapat paripurna juga dulu kita sampaikan, pendapat Partai Demokrat bahwa kita tidak menyetuji angket tersebut," ungkap Agus.

Wakil Ketua DPR ini menilai, selain hak angket, masih ada sejumlah mekanisme lain untuk mengawasi kinerja KPK.

"Banyak. Ada rapat dengar pendapat (RDP), ada rapat kerja, ada rapat konsultasi, ya, semuanya, 'kan ada," tandasnya. (Pon)

Baca berita terkait hak angket lainnya di: Hak Angket KPK Tunggu Usulan Nama Sejumlah Fraksi


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE