Ada Unsur Surah Al Maidah, Komik Marvel Tuai Kontroversi Facebook Ardian Syaf

Baru-baru ini komik Marvel menuai kontroversi di kalangan penggemarnya. Hal tersebut lantaran ada komik terbaru, X-Men Gold #1 ditemukan simbol 212 dan QS 5:51. Simbol pertama ditemukan saat karakter Colossus mengenakan t-shirt yang bertuliskan QS 5:51, sedangkan simbol 212 ditemukan pada gambar tembok.

Dikutip dari comicbook.com hasil karya dari komikus Indonesia, Ardian Syaf pun langsung ditanggapi oleh pihak Marvel. Mereka mengatakan karya yang dibuat oleh Ardian pada X-Men Gold #1 tanpa sepengetahuan pihak manajemen.

"Karya (bermuatan pesan agama dan politik) dalam X-Men Gold #1 dimasukan tanpa sepengetahuan tentang arti dibelakangnya. Referensi (ayat Al Maidah dam 212) ini tidak merefleksikan pandangan penulis, editor dan siapapun yang ada di marvel dan tidak ada oposisi langsung atas ketercakupan Marvel Comics dan apa yang diperjuangkan X-Men sejak awal kreasinya," pernyataan Marvel yang dikutip comicbook.com.

twitter @pemudamerah

Lebih lanjut pihak Marvel akan memberi hukuman kepada Ardian atas tindakannya itu. Selain itu marvel juga berjanji menghapus dua simbol yang sangat erat dengan unsur politik di Pilkada DKI 2017 ini dalam komik.

"Karya ini akan dihapus dari cetakan ulang. Kami juga akan melakukan tindakan disipliner," katanya.

Melalui akun facebooknya, Ardian Syaf pun menanggapi komentar-komentar miring tentang hasil karyanya. Menurutnya apa yang ia buat adalah bentuk apresiasi atas apa yang terjadi di Jakarta. Ia juga tak ingin terlalu serius mengenai kontroversi yang terjadi.

twitter @pemudamerah

"Saya membaca komentar. Saya dituduh membuat unsur kebencian hingga akhirnya Anda akhirnya ikut membenci saya? Tapi, aku tidak membenci semua, saya pikir itu karena Anda tidak tahu saya, saya memahami itu," ucap Ardian Syaf pada kolom komentar facebooknya.

Sekadar informasi simbol 212 dan QS 5:51 memang sangat erat dengan kemelut politik di Jakarta. Simbol tersebut terkait kasus dugaan penistaan agama oleh calon petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kontroversi pun mulai bergulir setelah komentar di media sosial yang menyebut simbol-simbol tersebut.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Hanya 400 Di Dunia, Action Figure Ini Seharga Satu Buah Mobil


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH