News Indonesia

Meski Belum Dibayar RSCM Tetap Layani Pasien KM Zahro Express

Meski Belum Dibayar RSCM Tetap Layani Pasien KM Zahro Express

MerahPutih Indonesia – Dari empat korban terbakarnya KM Zahro Express dari Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Minggu (1/1) yang dilarikan ke RS Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), ternyata masih ada tiga pasien lainnya yang belum memiliki kartu BPJS.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Unit Luka Bakar RSCM, Dr R Aditya Wardhana kepada beberapa awak media saat melangsungkan konferensi pers di depan pintu UGD rumah sakit tersebut, Senin (2/1).

“Di antara empat pasien, satu memiliki jaminan kesehatan BPJS, tiga masih status quo,” katanya di hadapan awak media.

“Masalah pembiayaan status umum, yang pasti pasien sudah ditolong. Meski belum ada pembayaran, tapi pasien-pasien sudah ditangani,” jelasnya.

RSCM menangani empat pasien korban KM Zahro Express yakni Homsari (42) asal Kota Depok, Ady Syahrifudin (25) asal Bogor, Laras Mei Ariana (16) asal Bekasi, dan Rifa Rizkiawan (8) asal Kota Depok. Rifa sudah diizinkan pulang ke rumah.

"Sekarang hanya tersisa tiga pasien yang kami rawat. Adi mengalami luka bakar 13 persen, Laras mengalami luka bakar 26 persen disertai terkena hawa panas di saluran pernapasan, dan yang terakhir Homsari mengalami luka bakar 2 persen," jelas Dr Aditya. Dr Aditya belum bisa memastikan sampai kapan para pasien menjalani perawatan di RSCM.

Seperti diketahui, KM Zahro Express dengan rute Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung terbakar saat baru 1 mil mengangkat jangkar. Penyelidikan awal, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek.

Dalam peristiwa itu sebanyak 23 korban tewas, 17 luka-luka, 17 hilang, dan 194 penumpang selamat. Kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak.

Selanjutnya, baca di sini berita terkait KM Zahro Express Menhub Minta Pengelola KM Zahro Express Diproses Hukum dan Pasien KM Zahro Express Asal Depok Diizinkan Meninggalkan RSCM. (Ard)

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami