9 Rahasia Orang yang Tidak Pernah Sakit Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)

Sangat sulit mencari orang yang tak pernah sakit semasa hidupnya. Dalam cerita, seorang yang semasa hidupnya tak pernah sakit yaitu Firaun. Itu pula yang membuatnya sombong dan mengaku sebagai Tuhan.

Namun demikian, tidak pernah sakit bukan hal yang mustahil. Seseorang harus tetap menjaga kesehatan dan berusaha menghindarkan diri hal-hal yang mengganggu fungsi organ-organ tubuh.

The Guardian menceritakan tentang seorang Yahudi korban Holocaust yang selamat. Ia berumur 97 tahun dan tinggal di Glasgow sejak 1946. "Saya hampir tidak pernah meriang, demam, atau kena infeksi," katanya.

"Saya tidak pernah minum alkohol atau merokok. Saya juga tidur dengan baik dan suka sedikit istirahat pada siang hari. Saya kalau istirahat di tempat tidur." Bagaimana apakah ia diet? "Saya sangat tidak suka keju."

Berikut merahputih.com sajikan bagaimana agar tidak pernah sakit, seperti dikutip dari The Guardian Health.

1. Realistis

Ralistis sangat sederhana tapi penting bagi kesehatan Anda. Realistis dalam hidup membuat Anda lebih menghargai diri Anda sendiri.

Realistis juga berarti juga bersifat nyata atau bersifat wajar.

2. Tidak merokok dan tidak minum banyak alkohol

Merokok sangat merusak kesehatan. Meski begitu, tak sulit kita menemukan orang yang merokok.

Kerusakan organ tubuh akibat merokok bersifat akumulatif. Semakin lama seseorang merokok, maka semakin menumpuk juga kerusakan dalam tubuh.

Ilustrasi. (merahputih)

3. Cucilah tangan secara teratur

Mencuci tangan secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun begitu, ingat bahwa infeksi sebagian besar ditularkan melalui sentuhan.

Mencuci tangan. (Instagram/stikestelogorejo_smg)
Mencuci tangan. (Instagram/stikestelogorejo_smg)

4. Berolahraga secara teratur

Berolahragalah secara teratur dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Telah terbukti bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kekebalan tubuh, meskipun tidak diketahui sejauh mana.

Jogging. (Instagram/frau.lehmann)
Jogging. (Instagram/frau.lehmann)

5. Mengelola stres

Tingkat stres berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Demikian kata Profesor Daniel Davis. Stres jangka panjang yang kronis mengasilkan kortisol, yang menetralkan sel-sel kekebalan.

Mengelola tingkat stres sangat penting. Manusia memang tak bisa lepas dari beragam tekanan yang kemudian bisa menimbulkan stres, tapi tingkat stres bisa terkendali tergantung bagaimana mengendalikannya.

Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)
Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)

6. Vaksinasi

Jika Anda sedang dalam peningkatan risiko terkena infeksi, misalnya karena kemoterapi, penggunaan steroid jangka panjang, atau kehamilan, sebaiknya kamu difaksinasi.

Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)
Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)

7. Mempertahankan diet yang sehat dan bervariasi

Tapi ingat, diet yang dimaksud tetap diet yang tidak berlebihan. Hal ini berhubungan dengan penelitian terbaru bahwa pentingnya microbiome dalam usus kita.

"Banyak bahan kimia penting untuk sistem kekebalan tubuh kita berasal dari dalam usus."

8. Tidur nyenyak

Tidur nyenak memiliki dampak besar pada kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh akibat tidur nyenyek ini berhubungan di bawah kendali ritme sirkadian. Apabila tidur terganggu, maka hal itu dapat membuang sistem kekebalan tubuh Anda.

Tidur. (Instagram/bossdaris)
Seorang anak sedang tidur. (Instagram/bossdaris)

9. Tetaplah terkoneksi

Jika ada satu hal yang menjadi musuh kesejahteraan maka itu adalah kesepian

"Keluarlah dan terhubunglah dengan orang..."

Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)
Ilustrasi. (Instagram/stikestelogorejo_smg)

Tidak pernah sakit memang sulit, tapi kita bisa mengusahakannya agar kesehatan dapat terjaga. Pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Ayo kita jaga kesehatan kita semampu yang dapat kita lakukan.

Artikel kesehatan lainnya bisa dibaca di 10 Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH