9 Aktris yang Memerankan Tokoh Cinderella dari Zaman ke Zaman Mary Pickford-dailyexpress

Cinderella adalah dongeng tradisional yang sudah meluas dan menyebar di seluruh penjuru dunia. Dongen tentang Cinderella pun muncul dengan barbagai versi.

Versi paling terkenal ditulis oleh penulis Perancis Charles Perrault pada 1697, yaitu berdasarkan cerita rakyat yang sebelumnya juga pernah ditulis oleh Giambattista Basile dalam buku La Gatta Cennerentola pada 1634.

Namun demikian, berdasarkan artikel di wikipedia Indonesia, sebelum 1697, versi paling awal dari cerita Cinderella sendiri sudah ada di Cina, yaitu pada tahun 860 Masehi. Dongen tradisional ini tercatat di buku The Miscellaneous Record of Yu Yang oleh Tuan Ch'ing-Shih, sebuah buku yang ada sejak Dinasti Tang.

Pada tahun 1899, kisah cerita tentang Cinderella ini sudah mulai difilmkan. Saat itu masih berbentuk gambar bergerak, karena belum menggunakan audio, alias masih film bisu.

Seiring perkembangan zaman, Cinderella pun berkembang di berbagai negara, dan menjadi salah satu produk film terlaris. Bahkan, saking larisnya, sebuah produsen film animasi dari Walt Disney Production, juga membuat film tersebut yang hingga saat ini telah menjadi standar versi kontemporer.

Melihat perkembangan film Cinderella dari zaman ke zaman, merahputih.com merangkum beberapa aktris cantik yang pernah berperan sebagai Cinderella dalam film itu.

1. Barral

Barrall-sarasilverscreenfileswordpresscom

Kisah Cinderella Pertama kali di-filmkan di Prancis. Film yang diproduksi masih sangat kuno dan belum mengunakan teknik audio ini dibuat berdasarkan tulisan pengarang Prancis Charles Perrault di abad ke-17 atau sekitar tahun 1899. Film berdurasi 6 menit ini dibintangi oleh aktris bernama Barral. Dia juga menjadi aktris pertama yang memerankan tokoh Cinderella dengan nama Cendrillon. Film ini digagas oleh salah seorang pelopor sinema Prancis bernama Georges Méliès.

2. Mary Pickford

Mary Pickford-dailyexpress

Film tentang kisah dongen Cinderella dengan durasi panjang pertama diproduksi tahun 1929. Film yang dibuat di Hollywood ini menunjuk aktris Mary Pickford sebagai tokoh Cinderella. Film ini juga masih versi bisu, belum menggunakan teknik audio. Film ini juga dibuat dari versi dongen yang ditulis pengarang Prancis bernama Charles Perrault. Film ini menjadi salah satu dari sekian banyak film di awal karier Pickford di Hollywood. Karir Pickford pun melejit, dan mendapatkan Piala Oscar dalam film yang yang berjudul Coquette, pada tahun 1929.

3. Anna Kendrick

Anna Kendrick mrowl

Pada tahun 2014, Aktris nomine Oscar dan mantan bintang Twilight, Anna Kendrick jadi menjadi salah satu pemeran terbaru sosok Cinderella di era milenium. Meski bukan murni kisah Cinderella, film musikal Into the Woods menempatkan Cinderella sebagai salah satu sosok utamanya. Di film ini, Cinderella menjadi salah satu sosok yang diincar oleh penyihir jahat yang menginginkan sepatunya.



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE