8 TPS Unik pada Pelaksanaan Pilkada Serentak 2017

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 15 Februari 2017
8 TPS Unik pada Pelaksanaan Pilkada Serentak 2017
Petugas KPPS di TPS Gambir mengenakan kostum Jawa. (FOTO. Antara)

Perhelatan Pilkada Serantak 2017 diikuti oleh 101 daerah tingkat satu dan tinggat dua di seluruh Indonesia. Dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah ini, berbagai cara dilakukan oleh panitia pemungutan suara untuk menarik minat pencoblos.

Salah satu cara untuk menarik warga datang ke TPS adalah mendesain Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan suasana yang menarik, lucu dan unik. Agar warga penasaran ingin datang ke TPS, untuk mencoblos.

Berikut 8 TPS terunik yang berhasil dihimpun merahputih.com dalam ajang Pilkada Serantak 2017, yang digelar Rabu (15/2):

1. TPS dengan Konsep Tradisi Baduy Banten

Konsep TPS Baduy di Kota Tangsel, Banten. (FOTO Antara)

TPS dengan konsep mengusung kearifan lokal Banten ini terdapat di Kompleks Perumahan Cornelia Residence, Pondok Jagung Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel). Seluruh petugas KPPS mengenakan pakaian adat Baduy luar lengkap dengan atribut kesehariannya. Selain untuk menarik partisipasi warga untuk mencoblos, TPS Baduy yang terdapat di TPS 14 kawasan perumahan tersebut, adalah sebagai bentuk kebanggan masyarakat Tangsel yang menjadi bagian dari Provinsi Banten. TPS ini mengusung tema "Baduy untuk Indonesia". Masyarakat Badui adalah masyarakat tradisonal asli Banten yang terdapat di wilayah Kabupaten Lebak-Banten.

2. TPS dengan Konsep Kejawen

TPS berkonsep Kejawen di Kota Salatiga, Jawa Tengah. (FOTO Antara)

TPS ini terdapat di Desa Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah. Seluruh panitia di TPS 8 ini mengenakan baju Kejawen atau adat Jawa. Selain mengenakan adat Jawa, panitia TPS juga berinisiatif menggunakan grup musik tradisional drumblek. Dengan mengenakan baju Kejawen atau adat Jawa panitia berharap bisa menarik partisipasi warga dalam pencoblosan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Salatiga periode 2017-2022.

3. TPS dengan Seragam Anak Sekolah Dasar

TPS mengenakan seragam SD di Kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur. (FOTO Antara)

Di TPS 45, Kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur, seluruh panitia TPS mengenakan seragam anak SD. Petugas KPPS berinisiatif menggunakan kostum seragam pelajar SD tersebut agar warga tertarik untuk mencoblos dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

4. TPS dengan Konsep Film Kartun Star Wars dan Smurf

TPS dengan konsep film kartun di Batu, Malang, Jawa Timur. (FOTO Antara)

Untuk menarik partisipasi warga agar mencoblos, di Desa Beji, Batu, Malang, Jawa Timur, panitia pemungutan suara menyulap TPS dengan konsep film kartun Star Wars dan Smurf. Di TPS 05 ini, di setiap sudut ruangan serta bilik suara dipenuhi dekorasi film kartun Star Wars dan Smurf. Hal ini bertujuan untuk menekan angka Golput dalam pemilihan kepala daerah di kota tersebut.

5. TPS dengan Musik Patuk

TPS dengan konsep musik Patuk, di Kota Yogyakarta. (FOTO Antara)

Musik Patuk, salah satu musik khas Yogyakarta menjadi daya tarik untuk menarik partisipasi di salah satu TPS di Kota Yogyakarta. Di TPS ini, seluruh ruangannya didekorasi dengan berbagaai konsep musik.

6. TPS dengan Kostum Pewayangan

TPS dengan konsep kostum pewayangan di Cijantung, Jakarta Timur. (FOTO Antara)

Di wilayah 02 RT 04/10, Cijantung, Jakarta Timur, petugas TPS berinisiatif menggunakan riasan dan kostum tokoh pewayangan. Menggunakan kostum pewayangan ini, selain untuk mengangkat seni dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, juga untuk menarik partisipasi warga untuk mencoblos calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

7. TPS yang Mengenakan Pakaian Adat Daerah di Pulau Timor

TPS dengan konsep tradisional di Kupang NTT. (FOTO Antara)

TPS unik lainnya terdapat di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).Di TPS ini seluruh petugas KPPS mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Pulau Timor. Hal ini juga bertujuan untuk daya tarik warga datang ke TPS menggunakan hak pilihnya, serta mengangkat budaya kearifan daerah tersebut.

8. TPS Tempat Jokowi Mencoblos

Jokowi saat mencoblos di TPS Gambir, dengan disambut adat Jawa. (FOTO. Antara)

Tidak kalah uniknya adalah TPS tempat Presiden Jokowi menentukan pilihan suara dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Di TPS ini, seluruh petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat Jawa, lengkap dengan blangkon. Penampilan para petugas di TPS ini juga bertujuan untuk menarik partispasi warga dalam menentukan suaranya di bilik suara TPS tersebut.

Demikian 8 TPS unik yang berhasil dihimpun merahputih.com. Untuk mengikuti perkembangan berita Pilkada Serentak 2017, baca juga: Indikator Politik: Pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi Masih Unggul

#Pilkada Serentak 2017 #Pelanggaran Pilkada Serentak #PKPU Nomor 12 Tahun 2015
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan