750 Potong Batik per Bulan dari Desa Gulurejo Batik Desa Gulurejo. (MP/Fredy Wansyah)

Desa Gulurejo merupakan salah satu desa wisata yang mengembangkan produk kerajinan batik. Dari desa inilah produksi batik khas Kulonprogo. Desa batik ini tepatnya terletak di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Salah satu dari setiap kepala rumah tangga di Desa Gulurejo merupakan perajin batik. Ada yang bekerja di rumahan dan ada pula yang bekerja di sentra produksi batik desa.

"Di sini ada 23 pekerja aktif. Lainnya ya pekerja di rumahan," kata Girin (47) pengusaha batik geblek renteng, kepada merahputih.com di Desa Gulurejo.

Dalam sebulan, produksi batik di Desa Gulurejo mencapai 750 potong kain batik. Namun, jumlah tersebut bisa menurun jika musim penghujan secara terus menerus mengguyur Desa Gulurejo. Berbeda halnya jika musim panas, produksi kain akan stabil karena didukung cuaca panas.

Girin menyatakan, hasil produksinya ada yang dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke galeri dan ada pula yang dijual ke daerah-daerah di Indonesia. Sementara untuk diekspor, Girin mengaku belum berani karena tidak faktor ketiadaan alat atau pun cuaca. (Fre)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE