7 Tumbuhan Liar Sekitar Rumah yang Bisa Dijadikan Obat Pegagan. (Intagram/rachma.rama)

Di Indonesia, terutama di daerah, tanaman obat sangat banyak. Tanaman obat tidak harus dicari hingga masuk ke hutan. Tanaman obat bisa dengan mudah ditemukan sekitar rumah.

Saat ini, tanaman obat bahkan dibudidayakan. Di kota-kota dengan lahan yang sedikit, masyarakat mulai melihat bahwa tanaman obat sangat penting. Tanaman obat yang dibudidayakan ini disebut dengan tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA.

TOGA dimaksudkan agar terwujud prinsip kemandirian pengobatan kelurga dalam masyarakat. Tanaman obat keluarga juga sebagai pendidikan bagi anak-anak bahwa sekitar rumah banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dan pentingnya obat-obatan tradisional di negara subur ini.

Diolah dari berbagai sumber, berikut merahputih.com menyajikan 10 tumbuhan liar sekitar rumah yang bisa dijadikan obat.

1. Kecibeling

Kecibeling punya nama lain di beberapa daerah, di Jawa disebut enyok kelo, di Betawi picah beling, di Banten disebut kibeling. Tumbuhan bernama lati strobilanthes crispus ini berasal dari Madagaskar dan menyebar hingga Indonesia dan Malaysia.

Tumbuhan semak ini biasa dijadikan pagar hidup. Memiliki daun tunggal yang kasar. Kecibeling dikenal sebagai tanaman obat untuk antidiabetes. Selain itu, juga dapat menyembuhkan leukimia dan mencegah aids. Kecibeling umumnya dijadikan obat dengan cara dijadikan teh.

Kecibeling. (Instagram/reddateaddict)
Kecibeling. (Instagram/reddateaddict)

2. Putri Malu

Putri malu bernama latin mimosa pudica. Tanaman perdu anggota suku polong-polongan ini dikenal sebagai tanaman yang daunnya menutup saat disentuh.

Putri malu berkhasiat untuk menurunkan panas, meluruhkan air seni, mengatasi tenggorokan berdahak, insomnia, dapat menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Penggunaan putri malu sebagai obat bisa diolah dengan cara direbus lalu airnya diminum.

Putri malu. (Instagram/deenakirei)
Putri malu. (Instagram/deenakirei)

3. Alang-alang

Alang-alang merupakan tumbuhan liar sekitar rumah yang sangat tidak disukai, terutama karena sulit diberantas. Akar yang menyebar membuatnya gampang tumbuh meski sudah dipotong. Alang-alang atau ilalang bernama latin imperata cylindrica.

Akar alang-alang dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya meluruhkan kecing, mengobati demam atau panas dalam, mengobati mimisan, obat keputihan, dan lain-lain.

Cara penggunaannya yaitu untuk melancarkan buang air kecil dengan cara menyeduh akarnya lalu diminum secara teratur. Untuk mereakan panas dalam dengan cara di akar alang-alang dikeringkan, lalu dihaluskan hingga bubuk, lalu bubuk alang-alang diseduh dan boleh ditambahkan perasa seperti madu. Begitu juga dengan obat keputihan bisa dengan cara yang samau namun dicampur dengan bahan lain seperti pepaya.

 Alang-alang. (Instagram/ersidyandhii)
Alang-alang. (Instagram/ersidyandhii)

4. Babadotan

Nama babadotan atau babandota di wilayah Sunda. Di Jawa tanaman ini dikenal dengan wedusan. Daerah lain di Indonesia punya sebutan lain dari tumbuhan bernama latin ageratum conyzoides ini. Babadotan berasal dari Amerika tropis khususnya Brazil.

Manfaat babadotan yang populer yaitu untuk obat luka. Seseorang yang luka teriris misalnya, sangat cepat disembuhkan dengan daun babandotan yang diperas sebagai pengganti obat merah. Untuk penyakit lain, babadotan bermanfaat untuk obat demam dengan cara akarnya dihaluskan kemudian dibalurkan ke badan. Juga bermanfaat obat mata dengan cara ditumbuk dan airnya diteteskan ke mata.

Babadotan. (Instagram/vivikrabbitry)
Babadotan. (Instagram/vivikrabbitry)

5. Meniran

Meniran atau phyllanthus urinaria tanaman rumput yang sangat mudah ditemui di sekitar rumah. Tapi, tahukan kamu bahwa tumbuhan kecil ini punya banyak manfaat untuk sehatan? Meniran biasanya tumbuh di tanah gembur yang berpasir.

Meniran bermanfaat untuk obat batuk, demam, haid berlebihan, penyakit kuning atau hepatitis, ayan, dan masih banyak lagi. Penggunaannya yaitu dengan cara meniran dikeringkan terlebih dahulu, setelah kering direbus kemudian airnya diminum. Cara lain yaitu meniran segar ditumbuk, air perasannya langsung diminum.

Meniran. (Instagram/raffiepamungkas)
Meniran. (Instagram/raffiepamungkas)

6. Pegagan

Pegagan atau centella asiatica merupakan tumbuhan liar berasal dari daerah Asia tropik, di Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang dan Australia. Tanaman ini di Melayu dikenal dengan nama daun kaki kuda, di Sunda antanan, di Jawa disebut pane gowang, di Aceh peugaga, dan hampir di setiap daerah punya nama masing-masing. Pegagan di beberapa daerah biasa dijadikan sebagai lalapan.

Penggunaan tanaman ini untuk kesehatan dengan cara langsung dimakan. Biasanya dijadikan sayuran. Pegagan dipercaya dan terbukti sebagai tanaman yang dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan untuk menurunkan gejala stres atau depresi.

Pegagan. (Instagram/ddeeaavalence)
Pegagan. (Instagram/ddeeaavalence)

7. Tempuyung

Tempunyung mudah ditemukan di sekitar rumah. Tempuyung memiliki nama latin Sonchus Arvensis. Nama daerah untuk tempuyung di antaranya lobak ari, lempung jombang, galibuk, rayana, dan lain-lain.

Tempunyung bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit, di antaranya demam dan bengkak. Selain itu, tempuyung juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti meluruhkan air kencing, melancarkan peredaran darah, sebagai penawar racun, dan lain-lain. Cara pengolahan tempuyung untuk obat yaitu daunnya direbus, lalu air rebusannya diminum. Selain itu, tempuyung juga bisa dimakan dalam keadaan segar sebagai lalapan.

Tempuyung. (Instagram/ellyrdesa)
Tempuyung. (Instagram/ellyrdesa)

Banyak sekali tanaman di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman tradisional selain tanpa efek samping juga sangat murah meriah, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Mari mengenal tanaman sekitar kita dan manfaatnya.

Info tanaman sebagai obat tradisional lainnya bisa dibaca juga di 5 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH