Berita Indonesia

7 Momen Presiden Jokowi Pakai Sarung

7 Momen Presiden Jokowi Pakai Sarung

Beberapa hari lalu, para netizen sempat digegerkan oleh kelakuan Presiden Joko Widodo alias Jokowi saat dirinya naik dari pesawat kepresidenan. Jokowi tampak lucu karena memakai jas hitam namun mengenakan sarung dan sendal selop.

Ternyata bukan kali ini saja mantan Gubernur DKI itu menunjukaan sisi kesederhanaannya dengan mengenakan sarung. Di akun media sosial instagram pribadinya, Jokowi beberapa kali mengunggah foto saat dirinya sedang mengenakan sarung.

Berikut ini enam momen saat Jokowi memakai sarung:

Saat Jokowi hadiri muktamar NU ke-33

Foto: Setkab.go.id

Peristiwa menarik terjadi saat muktamar NU ke-33 yang diadakan di GOR Merdeka, alun-alun Kota Jombang, Jawa Timur tahun 2015 lalu. Pasalnya Jokowi mengenakan sarung saat datang ke acara tersebut.

Apa yang dilakukan Jokowi pun sempat menjadi perbincangan. Bahkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sempat mengomentari sarung yang dipakai Jokowi.

Saat senja pertama di tahun 2016

Foto: Instagram

Postingan pertama Jokowi di tahun 2016 yang membuat geger para netizen adalah saat dirinya difoto mengenakan sarung sambil menyaksikan matahari terbit.

Melalui jepretan fotografer Istana ini, Jokowi terlihat sedang duduk di dermaga Waiwo, Raja Ampat, Papua Barat. Tak lupa juga Jokowi mengajak para netizen untuk berwisata ke tempat tersebut.

Fajar perdana 2016, di dermaga Waiwo, Raja Ampat, tempat terbaik di dunia untuk snorkeling. Ayo ajak keluarga berwisata di dalam negeri!.

Komentar dari netizen pun berdatangan. Kebanyakan dari mereka merasa bangga memiliki presiden yang terlihat sederhana dan tak malu berfoto mengenakan sarung.

"Saya tidak pernah hidup dijaman president Soekarno... Tapi selain dia saya bangga punya president seperti bapak. Terimakasih pa sudah peduli dengan saudara saudara di Indonesia Timur," tulis akun @poppet24.

Saat Jokowi beristirahat di Sibolga, Medan

Foto Instagram

Disela-sela kesibukannya mengontrol progres PLTG Gunung Sitoli, Jokowi menyempatkan diri untuk beristirahat di pinggir pantai di sore hari.

Terlihat bila dirinya memakai kemeja putih dan mengenakan sarung abu-abu putih. Foto tersebut diunggah melalui akun instagramnya pada tanggal 20 Agustus 2016 lalu.

Rehat sejenak sebelum ke Sibolga. Kemarin saya melihat progres PLTG Gunung Sitoli. Oktober tahun ini masyarakat Nias sudah dapat menikmati tambahan 25 MW dari yang sekarang 27 MW. Tahun depan tambah lagi 25 MW. Saya juga meletakkan batu pertama pembangunan transmisi yang akan membentang sepanjang 110 km dari Idanoi hingga Teluk Dalam. Perikanan dan pariwisata Nias harus maju.

Di foto ini Jokowi pun mendapat komentar dari netizen. Bahkan ada komentar yang menyebut Jokowi sebagai pak ganteng.

"Ciee bapak ganteng pak," tulis akun @gianitrahidayat

Saat Jokowi Merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 H

Foto: Instagram

Perayaan Idul Adha yang dilaksanakan di Masjid Agung Ats-Tsaurah Serang, Banten tampak dihadiri oleh Jokowi. Bersama Gubernur Banten Rano Karno, Jokowi tampak khidmad memanjatkan doa.

Hari Raya Kurban selalu menjadi pengingat buat kita semua, bahwa semangat berkorban sangat diperlukan.
Jangan hanya maunya ingin enak sendiri, ingin menang sendiri.

Pengorbanan yang kita wujudkan dengan bergotong-royong dan bekerja keras untuk bangsa dan negara dengan menyingkirkan segala kepentingan pribadi.
Dari Masjid Agung Ats-Tsaurah Serang, Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Pada foto ini, tak sedikit netizen yang memuji Jokowi karena memakai sarung yang identik dengan kesederhanaan. Tapi ada juga yang mendoakan Jokowi agar tetap mampu memimpin Indonesia.

"Slmt pak smga sllu jadi org yg berjiwa sosial amin," ucap akun @najwajr_88

Saat Jokowi menghadiri Haul Gus Dur

Foto: Instagram

Peringatan Haul Gus Dur ke-7 di Ciganjur, Jakarta Selatan tampak dihadiri oleh Jokowi. Terlihat sebuah foto saat dirinya berpidato didepan para peserta haul. Jokowi mengenakan jas hitam dan sarung putih.

Di caption foto Jokowi sempat curhat mengenai peci Gus Dur pemberian Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman. Pasalnya peci tersebut tertinggal di Solo sebelum berangkat ke acara itu.

Di acara Haul Gus Dur ke-7 di Ciganjur, tadinya mau pakai peci Gus Dur pemberian Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid tahun 2013 di Wahid Institute. Ternyata pecinya ketinggalan di Solo, jadi gak pakai. Tahun depan saja kalau ke sini lagi dipakai. Akhir-akhir ini kita saksikan ada kelompok yang memaksakan kehendak, mengabaikan kemajemukan. Kalau masih ada Gus Dur pasti kita diledek "kayak anak TK" saja.

Saat malam tahun baru 2017

Foto: Instagram

Pada perayaan tahun baru 2017, ternyata Jokowi tidak pergi kemana-mana. Dirinya hanya duduk dihalaman Istana Bogor. Lucunya Jokowi berbose serius dengan mengenakan sarung.

00.00 Tahun 2017 di rumah saja
SELAMAT TAHUN BARU - Jkw

Foto ini sempat menjadi bahan candaan para netizen. Tak sedikit netizen yang mengedit foto tersebut sehingga terlihat lucu dan bisa membuat orang tertawa terpingkal-pingkal.

Saat Jokowi naik pesawat kepresidenan

Foto: Biro Pers Setpres

Saat naik pesawat kepresiden ke Semarang Jawa Tengah, Jokowi tampak mengenakan sarung. Apa yang dilakukan Jokowi itupun menjadi heboh di dunia maya.

Penampilan Jokowi menjadi perbincangan lantaran Jokowi adalah presiden Indonesia yang pertama naik pesawat presidenan menggunakan sarung.

Dari tujuh momen tersebut, seakan Jokowi ingin menunjukan jika dirinya adalah seorang presiden yang merakyat alias presiden kaum sarungan. Kalau menurut pembaca, sarung pada momen manakah yang paling bagus?

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami