7 Kebiasaan Orang-orang dengan Kesehatan Baik di Usia Tua Meditation. (Instagram/rejuvage)

Olahraga, diet, bahkan sikap bisa sama pentingnya dengan genetika ketika datang usia tua. "Usia tua," seperti kata Bette Davis, "Bukan untuk seorang pecundang."

Penuaan mempengaruhi hampir setiap bagian dari tumbuh Anda, termasuk rambut, kulit, jantung, otot dan masih banyak lagi. Seperti dikutip realsimple.com, berikut ini adalah 7 kebiasaan orang-orang dengan kesehatan yang baik di usia tua.

1. Mempertahankan Sikap Positif

Mengenai umur, Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Seorang dewasa berpikir bahwa usia berarti kebijaksanaan dan kepuasan. Demikian seperti disampaikan The Journal of the American Medical Association.

Positive. (Instagram/okadarbasit)
Positive. (Instagram/okadarbasit)

2. Perhatikan Apa yang Anda Makan...

Nutrisi memainkan peran penting bagaimana usia Anda. "Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet low-glycemic (diet dengan memilih makanan menurut tingkat glukosa) dalam buah-buahan segar dan sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak adalah sehat," kata Dr Jeffrey Benabio, Direktur Dokter Transformasi Kesehatan di Kaiser Permanente Primary Care.

Penelitian di Harvard Medical School juga menyebut bahwa diet dapat membantu "usia" Anda menjadi lebih baik dengan menangkal serangan jantung, stroke dan kematian dini.

Foodstuff. (Instagram/mnestele)
Foodstuff. (Instagram/mnestele)

3. Dan, Berapa Banyak Anda Makan?

Makan berlebihan dapat menyebabkan rentang hidup lebih pendek, penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, demikian menurut National Institute of Health (NIH).

Seafood. (Instagram/juneohjune)
Seafood. (Instagram/juneohjune)

4. Berolahraga secara Teratur

Tetap aktif adalah bagian penting dari penuaan yang baik. Rata-rata wanita bisa kehilangan 23 persen massa ototnya antara usia 30-70, demikian diungkapkan Fabio Comana, seorang instruktur pengajar di National Academy of Sports Medicine.

Tetap bugar juga dapat mengurangi kehilangan memori akibat usia, demikian sebuah laporan dari Jurnal Frontiers dari Aging Neuroscience.

Outdoor training. (Instagram/fluxphysique)
Outdoor training. (Instagram/fluxphysique)

5. Tetaplah Bersosialisasi

Teman-teman dan kerabat dapat membantu Anda hidup lebih lama. Mereka yang punya ikatan sosial kuat terbukti memiliki kesempatan 50 persen hidup lebih lama dibanding dengan mereka yang memiliki hubungan buruk atau kurang bergaul. Demikian menurut sebuah penelitian yang diberbitkan Jurnal PLoS Medicine.

Stay social. (Instagram/socialhousedfw)
Stay social. (Instagram/socialhousedfw)

6. Lindungi Kulit Anda dari Sinar Matahari

Terlalu banyak berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, belum lagi kanker. Berbeda dengan memakai sunscreen, itu justru dapat mencegah penuaan kulit Anda.

"Ini faktanya," kata Dr Jeffrey Benabio, "Setelah berada beberapa menit di bawah sinar matahari, kulit Anda berhenti membuat vitamin D... dan mulai membuat kanker kulit."

Sunscreen. (Instagram/whitegirlsunscreen)
Sunscreen. (Instagram/whitegirlsunscreen)

7. Mendapat Tidur Cukup

Mungkin Anda sudah tahu, Anda harus tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Demikian menurut National Sleep Foundation yang berkantor di Washington DC, Amerika.

Tahukah Anda bahwa terlalu banyak tidur akan sangat berisiko terhadap obesitas, penyakit jantung dan diabetes. "Beauty sleep" atau tidur nyeyak juga bukanlah hanya sekadar mitos. Karena, dengan tidur yang teratur setiap malamnya akan membantu membentuk tubuh yang ideal. Dengan tidur nyenyak dan berkualitas juga sel-sel hormone dalam tubuh yang sedang tumbuh akan berkembang dengan baik.

Beauty sleep. (Instagram/eightsleep)
Beauty sleep. (Instagram/eightsleep)

Menjadi tua tidak terhindarkan bagi setiap orang. Pada intinya, bukan persoalan apakah usaia Anda tua, tapi bagaimana kesehatan tetap terjaga.

Ingin baca artikel kesehatan lainnya? Baca di Enam Penyebab Batuk Tidak Kunjung Berhenti


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE