Enam Penyebab Batuk Tidak Kunjung Berhenti Batuk (Pinterest)

Memasuki musim hujan, biasanya sebagian orang rentan terkena berbagai penyakit, misalnya flu ataupun batuk.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit New York, batuk menjadi salah satu penyebab seseorang pergi ke dokter, karena batuk merupakan gejala penyakit yang paling mudah menyerang seseorang.

Umumnya, batuk disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas (ISPA), alergi, asma, menghirup asam rokok di lingkungan, ataupun faktor cuaca.

1. Cuaca dingin

Cuaca Dingin (Pinterest)
Cuaca Dingin (Pinterest)

Cuaca dingin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan batuk MP Friends tidak berhenti-henti, bahkan ada beberapa orang yang mengalami batuk hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Menurut salah satu dokter di New York menyebutkan bahwa, jika seseorang mengalami batuk selama kurang lebih tiga minggu, kemungkinan itu adalah masih gejala flu.

Namun, jika sudah berbulan-bulan dan batuknya berupa batuk kering itu merupakan virus yang mengiritasi pada ujung saraf di saluran pernapasan MP Friends.

2. Postnasal Drip

Pinterest
Pinterest

Post Nasal Drip atau postnasal drip adalah keadaan dimana seseorang mengalami batuk yang berangsur-angsur hingga 8 minggu atau lebih.

Biasanya, orang yang mengalami postnasal drip akan merasakan kondisi batuk yang berlendir atau berdahak dan tenggorokan akan terasa sangat gatal.

Menurut Dr Frank, postnasal drip ini juga memicu munculnya pilek serta masuknya berbagai macam gejala penyakit seperti alergi.

3. Asma

Asma (Pinterest)
Asma (Pinterest)

Sesak napas menjadi awal gejala yang terjadi pada penyakit asma. Biasanya asma muncul diakibatkan berbagai macam faktor misalnya menghirup bulu hewan peliharaan.

Namun, ternyata batuk yang datang terus-menerus bisa menjadi salah satu pertanda munculnya penyakit asma.

Untuk itu, dokter menyarankan untuk menggunakan inhaler dalam dua kali sehari selama beberapa minggu untuk melihat apakah batuk itu sudah mereda atau belum.

4. GERD atau Acid Reflux

Pinterest
Pinterest

Acid Reflux atau biasa disebut Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan.

Sekitar 25%, GERD menjadi salah satu penyebab adanya batuk kronis. Menurut salah satu dokter di New York, ketika asam lambung terasa sakit, maka kemungkinan akan mengalir menuju kerongkongan hingga sampai ke ujung saraf yang akhirnya mengakibatkan batuk terus-menerus.

Tetapi tidak semua orang akan merasakan hal yang seperti diatas.

5. Pneumonia

Pinterest
Pinterest

Pneumonia merupakan peradangan yang terjadi pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur.

Pneumonia dapat berkembang ketika infeksi pernapasan menyebar ke dalam paru-paru dan menyebabkan kantung udara pada paru bernanah yang akhirnya menyulitkan seseorang untuk bernapas.

Rotgen atau CT-Scan menjadi solusi yang paling cepat untuk mengetahui jika MP Friends mengalami Pneumonia, namun ada beberapa dokter yang masih menggunakan stetoskop untuk mendengarkan dan mengecek paru-paru seseorang.

6. Batuk Rejan

Pinterest
Pinterest

Batuk Rejan merupakan penyakit batuk yang diakibatkan oleh infeksi bakteri bernama Bordetella pertussis yang mudah menyebar melalui batuk.

Batuk ini tidak memandang usia karena bisa dialami oleh siapa saja. Bakteri penyebab batuk rejan ini tersebar melalui tetesan di udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Dan itulah beberapa alasan yang menyebabkan kemungkinan MP Friends mengalami batuk yang tidak berhenti-henti. Namun, untuk mencegah datangnya gejala batuk, MP Friends disarankan juga untuk mengonsumsi vitamin ya.

Oiya, jika MP Friends sedang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, mungkin beberapa cara alami ini bisa jadi solusinya, berikut artikelnya: 10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH