5 Tips Menulis Blog bagi Pemula Agar Anda Cepat Dikenal

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 03 Mei 2017
5 Tips Menulis Blog bagi Pemula Agar Anda Cepat Dikenal
Menulis blog dapat membantu Anda membentuk personal brand. (Foto: pixabay.com)

Pernah terpikir memanfaatkan blog sebagai personal brand Anda? Jika belum pernah, Sahabat Merahputih bisa memulainya sekarang. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh bila blog Anda memiliki konten yang bagus dan dibaca banyak orang. Sahabat Merahputih akan lebih terkenal dan reputasinya menjadi bagus.

Mulai berpikir untuk membuat blog? Jika ya, pertimbangkan 5 hal ini saat akan memulai menulis blog.

1. Perencanaan matang

Membuat blog akan lebih baik bila sejak awal sudah memiliki bayangan tentang tema yang akan dibahas. Pilih tema blog yang sempit dan paling dikuasai. Jangan lupa buat diferesiansi. Tema konten bisa saja sama dengan blog lain, tetapi gaya penulisan dibedakan. Salah satu kunci agar dapat membuat diferensiasi adalah membuat perencanaan yang matang. Anda mesti sering membaca blog lain agar bisa menghasilkan tulisan yang berbeda.

2. Jenis blog

Salah satu cara agar tetap kreatif dan relevan saat menulis blog adalah menggunakan format penulisan yang berbeda. Jika hari ini Sahabat Merahputih menulis tentang tutorial, besoknya dapat menulis tentang tips, strategi, kiat dan taktik berdasarkan peringkat. Studi kasus, solusi dan cerita juga bisa menjadi salah satu format yang Anda gunakan untuk menulis.

3. Rencanakan konten

Anda harus menulis secara kontinyu. Agar tidak kehabisan ide di tengah jalan, buatlah jadwal penulisan dan penayangan tulisan. Cara ini biasa diterapkan para penulis yang bekerja di industri media. Lalu buat kalendar editorial agar tulisan-tulisan yang dibuat lebih terarah.

4. Fleksibel

Menulis untuk blog berbeda dengan menulis untuk media cetak. Pembaca cenderung mencari informasi secara online dan mencari tahu terlebih dahulu tentang blog Anda sebelum mengklik blog atau situs lain. Anda harus fleksibel dan beradaptasi dengan gaya penulisan yang disukai pembaca agar blog Anda dikunjungi banyak orang. Tips lainnya adalah buat blog dengan 300-600 kata, buat paragraf yang pendek, gunakan subjudul agar pembaca mudah menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan. Lalu, jangan lupa cek ejaan dan struktur bahasa sebelum tulisan ditayangkan.

5. Dorong trafik

Salah satu cara paling efektif untuk mendorong trafik blog Anda ialah menulis dengan sering dan baik. Anda juga sebaiknya menambahkan tombol share agar pembaca dapat membagikan tulisan Anda ke media sosial. Lalu, pasang foto. Terakhir, sering-seringlah memberi komentar di blog lain dan membagikan tulisan yang Anda buat ke media sosial.

#Blogger #Tips Blogging #Menulis Blog
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan