5 Tips Jitu Mengusir Stres dalam Menghadapi Hari Senin ILUSTRASI (getty images)

Rasa gembira di saat libur akhir pekan sering kali membuat kita terlena. Sehingga ketika menghadapi hari Senin rasa stres kerap kali menghantui.

Banyak hal yang menjadi penyebabnya, di antaranya adalah karena harus kembali dihadapkan dengan rutinitas jalanan macet, tekanan pekerjaan, sementara suasan hati masih terbawa perasaan pada hari-hari yang free tanpa beban saat berakhir pekan.

Dalam situasi semacam ini, banyak hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi; karena bisa mengalami gagal fokus, stres, sehingga konsentrasi menjadi buyar.

Nah, untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang bisa menimbulkan stres dan bisa berakibat gagal fokus saat menghadapi hari Senin, merehputih.com merangkum tips-tips jitu untuk menghadapi hal ini:

1. Meditasi
Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Terutama dalam suasana transisi dari hari libur ke masuk kerja. Dengan meditasi, selain pikiran menjadi fresh, konsentrasi juga akan terbangun dengan baik.

2. Optimis

Optimis adalah keyakinan terhadap sesuatu yang baik dan menyenangkan dengan sikap percaya diri terhadap harapan yang akan dicapai. Dengan bersikap optimis, seberat apapun masalah yang Nda dihadapi akan bisa diselesaikan dengan baik.

3. Sabar dan Positif Thinkhing
Dalam menghadapi rasa malas di hari Senin, berprasangka baiklah terhadap diri sendiri, serta jangan tergesa-gesa untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas Anda di hari Senin. Karena dengan bersabar, semua pekerjaan akan berjalan dengan baik. Tapi harus diingat, bersabar bukan berarti Anda diam dan menunggu, alias bersaabar sambil berbuat.

4. Bersyukur
Bersyukur adalah prilaku yang paling jitu dalam menghadapi semua permasalahan. Karena dengan bersyukur Anda bisa belajar berbahagia dengan segala apa yang Anda miliki, jadi tak perlu tengak-tengok kiri dan kanan. Apalagi ngiler dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Bersyukur juga bisa membangun kepercayaan diri dan membuat hidup lebih semangat.

5. Persiapkan Diri Lebih Awal
Nah, yang ke lima, untuk melakukan aktivias di hari Senin, hendaknya dipersiapkan sejak Minggu sore, sehingga saat Anda bangun pagi sudah tidak lagi tergesa-gesa. Dan Anda hanya tinggal mandi, sarapan pagi, lalu berangkat ke tempat kerja.

Bagaimana, Sahabat Merahputih, Anda setuju dengan tips-tips di atas? Agar Anda tidak stres menghadapi rutinitas di hari Senin, hendaknya Anda memulainya hari ini. Untuk mengetahui artikel lainnya, baca juga: Bahan-Bahan Alami Yang Cocok Digunakan Untuk Masker Pada Wajah



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH