5 Selebritis Cantik Indonesia yang "Kepincut" dengan Dunia Sastra Instagram @prillylatuconsina96

Ternyata peringatan hari dongeng dengan hari puisi hanya berselang satu hari. Tepatnya besok (21/3) menjadi hari Puisi Internasional. Peringatan hari puisi ini ditetapkan oleh UNESCO dengan mengungkapkan bahwa kebutuhan estetika merupakan kebutuhan manusia dan puisi menjadi salah satunya yang dapat memenuhi kebutuhan.

UNESCO juga melihat dalam 20 tahun terakhir, ketertarikan orang-orang dalam berpuisi semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan semakinbanyak kegiatan yang melibatkan puisi di berbagai negara serta semakin bertambahnya para penyair.

Peringatan Hari Puisi Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 2000. Dipilihnya tanggal 21 Maret sebagai Hari Puisi ini juga bersamaan dengan Hari Penghapusan Diskriminasi Ras. Hal ini juga dianggap sebagai ide yang baik dalam mengapresiasikannya lewat karya-karya puisi.

Untuk memperingati hari Puisi Internasional kali ini tim merahputih.com akan merangkum beberapa selebritis tanah air yang juga menggeluti dunia sastra, terutama puisi. Siapa sajakah? Yuk simak:

5. Ria Irawan

Instagram @riairawan

Ria Irawan menjadi salah satu selebritis yang menyukai dunia sastra, terutama puisi. Wanita yang pernah menang dalam Festival Film Asia Pasifik pada tahun 2003 sebagai aktris terbaik ini, sering muncul sebagai salah satu artis yang membacakan beberapa puisi , baik pada acara saat peluncuran buku antologi puisi, atau acara sastra lainnya. Salah satu puisi yang pernah ia bacakan adalah "Maha Duka Aceh" di Studio Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM) tahun 2005.

4. Happy Salma

Instagram @happysalma

Mungkin Happy Salma juga menjadi salah satu selebritis yang kini sudah tidak terlalu sering tampil di layar televisi. Namun wanita kelahiran 4 Januari 1980 ini memiliki kesibukan yang cukup padat,. Selain mengurusi keluarga, ia pun masih aktif dalam bermain teater atau menuliskan puisi.

Bahkan sebulan yang lalu, dirinya tampil di konser dukungan untuk Ahok dengan membacakan sajak milik aktivis Wiji Thukul yang berjudul 'Peringatan'.

3. Rieke Diah Pitaloka

Twitter @Rieke_RDP

Selain dikenal sebagai politisi, ternyata pemain film Bajaj Bajuri yang bernama lengkap Rieke Diah Pitaloka juga menjadi seorang penulis puisi. Kumpulan puisi karyanya pun banyak yang sudah diterbitkan, dan beredar di toko-toko buku. Karya puisi Rike, di antaranya adalah Ups dan Renungan Kloset. Walau memiliki kesibukan yang padat, wanita kelahiran 43 tahun ini masih sempat menggoreskan penanya dalam catatan hariannya.

2. Dian Sastrowardoyo

Instagram @therealdisastr

Siapa yang tidak tahu dengan Dian Satrowardoyo? Pemeran utama dalam film Ada Apa Dengan Cinta ini, selain jago berakting ternyata juga memiliki hobby yang berbeda dari artis kebanyakan, yaitu ia gemar membaca puisi-puisi lama seperti yang dituliskan oleh Sapardi Djoko Damono.

Bahkan, saat dirinya bermain dalam film AADC, ia pun sempat membacakan puisi yang berjudul tentang seseorang yang ditujukan kepada Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra.

1. Prilly Latuconsina

Instagram @prillylatuconsina96

Dan yang pertama, ada Prilly Latuconsina. Pemain sinetron film Ganteng-ganteng Serigala ini menjadi salah satu selebritis muda yang juga suka dengan dunia sastra terutama puisi. Bahkan, baru-baru ini dirinya baru saja meluncurkan sebuah buku yang berisikan tentang puisi-puisi curahan hatinya, bertajuk 5 Detik dan Rasa Rindu.

Nah, itu dia sederet selebritis yang tidak hanya memiliki wajah yang cantik, melainkan juga mempunyai hobby yang mungkin masih jarang diminati oleh banyak orang. Top banget deh ya, guys? Yuk selanjutnya baca artikel lainnya, berikut: Setelah Sukses di Dunia Hiburan, 6 Artis Ini Jadi Fashion Desainer Hijab



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH