5 Manfaat Rutin Bangun Pagi Ilustrasi (Foto: Princesa.com)

Bagi sebagian orang, bangun pagi menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan, terlebih jika di hari libur. Pola tidur yang tidak benar karena beristirahat terlalu larut membuat seseorang pasti kesulitan untuk bisa bangun pagi. Padahal nyatanya, membiasakan diri untuk bangun pagi akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda rutin membiasakan diri untuk bangun pagi.

1. Mencerdaskan otak

Rutin bangun pagi hari ternyata dapat mencerdaskan otak anda, lho! Terbiasa bangun pagi akan dapat memaksimalkan fungsi otak Anda, di mana aliran oksigen ke otak menjadi lancar, sehingga Anda akan terhindar dari berbagai masalah yang berkaitan dengan otak, seperti mudah lupa dan daya ingat yang rendah.

2. Melancarkan peredaran darah

Udara pagi masih sangat sehat karena mengandung banyak oksigen, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika peredaran darah Anda menjadi lancar, maka Anda akan dapat terhindar dari berbagai penyakit.

3. Tubuh segar dan bugar

Jika Anda rutin bangun di pagi hari, Anda akan merasakan badan Anda menjadi segar dan bugar. Hal ini dapat disebabkan karena udara dan sinar matahari pagi lebih berkualitas dibandingkan saat siang ataupun sore hari, di mana polusi mulai banyak dan radiasi matahari sudah tidak baik untuk kesehatan Anda.

4. Menyehatkan paru-paru

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk memberikan asupan oksigen yang berkualitas bagi paru-paru, karena proses pernapasan Anda akan lebih sehat, di mana setiap udara yang Anda hirup tidak mengotori dan merusak paru-paru Anda. Saat paru-paru Anda bisa selalu sehat, maka tubuh Anda pun akan senantiasa terhindar dari berbagai penyakit seperti bronkitis dan batuk.

5. Menyehatkan jantung

Dari bebeberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat kesehatan yang didapat ketika Anda rutin bangun pagi amatlah banyak, terutama mengenai aliran darah yang menjadi lancar dan oksigen yang sehat. Karena, berbagai penyakit jantung banyak disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen yang masuk ke jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat rutin bangun pagi hari. Jadi, masih mau bangun siang hari?

Lihat juga manfaat kecantikan dan kesehatan lainnya di sini: Menu Nikmat, Turunkan Berat.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE