5 Manfaat Mandi Air Dingin ilustrasi (gettyimages)

Banyak orang cenderung menghindari mandi air dingin dan lebih memilih air hangat. Apalagi jika cuaca sedang tidak bersahabat atau musim hujan, kebanyakan orang pasti enggan untuk mandi dengan air dingin. Padahal, mandi air dingin itu ternyata memiliki manfaat yang amat luar biasa lho untuk kesehatan Anda.

Berikut ini 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan saat rutin mandi menggunakan air dingin, khususnya di pagi hari.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi menggunakan air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan akan langsung meningkat, termasuk jantung Anda. Mandi air dingin di pagi hari juga dapat membantu mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mencegah varises.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Paparan air dingin yang Anda dapatkan saat mandi pagi akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, rutinlah mandi pagi menggunakan air dingin karena akan meningkatkan kadar sel darah putih dan metabolisme tubuh Anda, sehingga mengurangi kemungkinan Anda terserang penyakit flu dan berbagai jenis penyakit kanker.

3. Mengurangi stres

Ketika Anda mandi menggunakan air dingin di pagi hari, oksigen dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh Anda. Kebutuhan oksigen yang sudah terpenuhi, akan membuat tingkat stres berkurang.

4. Menjaga kesehatan kulit

Buat kalian yang ingin memiliki kulit sehat dan cantik sebaiknya rutin untuk mandi pagi hari, karena kulit yang sehat bisa diperoleh dengan rutin mandi pagi menggunakan air dingin. Air dingin tidak akan membuka pori-pori seperti yang dapat dilakukan oleh air hangat. Sehingga, tubuh Anda akan tetap bersih, terhindar dari kotoran, dan sehat.

5. Meningkatkan produksi hormon

Jika Anda sedang mencoba untuk segera hamil, Anda dan pasangan Anda sebaiknya rutin untuk mulai mandi air dingin. Paparan air panas yang terlalu sering bisa mengurangi jumlah sperma Anda. Laki-laki yang rutin mandi menggunakan air dingin cenderung lebih subur, dikarenakan air hangat bisa berbahaya bagi sperma pria. Mandi air hangat bahkan digunakan sebagai kontrasepsi pada tahun 1950-an, meskipun ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat.

Demikianlah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin mandi menggunakan air dingin. Lihat artikel kesehatan lainnya juga di sini: Brokoli Kaya Gizi.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE