Image
Author by : (Foto: Instagram/@thisisindonesian)

Dodol Betawi makanan khas yang semakin "buluk" semakin digemari. Salah satu produsen besar dodol Betawi yaitu keluarga besar Kamirudin di Depok. Dodol Betawi asli meski sudah sebulan tetap lezat dimakan.

"Pokoknya, kalau yang bikin dodol orang asli Betawi dan memang pengalaman, pasti akan enak. Makanan Betawi punya khas," tutur Kamirudin.

Adapun terkait dodol buluk yang dimaksud adalah dodol yang sudah sebulan dibiarkan dan timbul banyak jamur di permukaannya. Meski demikian, jamur tersebut tidak sama sekali membawa penyakit karena pembuatan Dodol Depok yang asli tanpa menggunakan bahan kimia apa pun.

Dodol Betawi yang sudah sebulan, meski berjamur, tapi tidak ada kuman. Tinggal dibersihkan saja, terus digoreng pakai terigu.

Image
Author by : Kue Putu Mayang. (foto: jus4fun blogspot)

Kue putu mayang berbahan baku utama tepung beras, santan kelapa dan gula merah. Olahan ini mampu dibentuk menjadi makanan unik berwarna-warni dan yang pasti lezat dan manis.

Pada asalnya, kue putu telah menyebar di berbagai daerah tanah air, masyarakat Melayu dan Jawa mengenal bentuk dan jenis kue putu yang beragam. Namun, pada umumnya kue ini terbuat dari bahan baku beras bercampur santan dan gula merah.

Bagi masyarakat Betawi, kue putu kemudian dibuat unik menyerupai gulungan mie yang bulat seperti kembang dengan tampilan warna warni alami.

Putu Mayang biasanya disantap dengan saus manis gula merah atau putih. Agar menu menjadi lebih wangi dan rasanya lebih alami masyarakat Betawi sering mencampur kukusan saus kue dengan daun pandan.

Meskipun sudah jarang ditemui dipasaran, kue putu mayang masih bisa dinikmati di berbagai festival kebudayaan kuliner nasional atau pagelaran budaya dan kuliner Betawi.

Image
Author by : Talam Udang. (Foto: Pinterest)

Dengan melihat tampilannya saja, talam udang khas Betawi ini sudah menggugah selera. Selain itu, talam udang memiliki bentuk unik.

Talam udang tampil mungil berwarna putih berbentuk cawan dengan hiasan topping berupa ebi, seledri, bawang goreng dan cabe iris.

Biasanya, talam udang khas Betawi ini disajikan pada acara kebersamaan keluarga di akhir pekan, saat hari raya dan acara kenduri.

Image
Author by : Kerak Telor (Foto: Pinterest)

Ini makanan tradisional Betawi yang sepertinya paling legendaris, kerak telor. Makanan asli Betawi ini banyak digemari masyarakat masyarakat di luar masyarakat Betawi.

Di Pulau Jawa, hampir penduduknya menyukai kerak telor karena rasanya sangat khas di lidah, menjadi idam-idaman ketika timbul keinginan jajan.

Kerak telor salah satu jajanan khas Betawi yang cukup banyak digemari masyarakat Indonesia. Mendengar nama kerak telor, mungkin untuk sebagian orang akan langsung mengingat Pekan Raya Jakarta. Jika Ada ingin mencicipi kerak terlor, salah satunya bisa datang ke PRJ yang hanya buka satu tahun sekali ini.

Image
Author by : Kue Rangi. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

Kue Rangi masih mudah dijumpai hingga saat ini. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu.

Sedangkan untuk saus gula merahnya bisa juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera anda. Kue ini rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.

Cetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue, jadi hanya dikecilkan dan ditipiskan ukurannya. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun cukup mudah.