5 Kuliner Khas Aceh yang Bikin Lidah Anda Bergoyang Mie Aceh

Aceh dikenal sebagai kota yang dijuluki 'Serambi Mekkah', karena memiliki sejarah yang kuat dengan keagamaan, keimanan dan ketaqwaan. Selain sejarahnya yang terkenal di Indonesia, kekayaan alam serta kuliner tradisionalnya pun menjadi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kuliner Aceh memiliki cita rasa yang berbeda dengan kuliner daerah lainnya, yaitu bumbu rempahnya sangat kental dan juga beragam , termasuk daun ganja. Apalagi, kalau Anda berkunjung ke Aceh pastinya akan ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

Nah berikut ini beberapa kuliner khas Aceh yang dirangkum oleh merahputih.com, dan wajib untuk dicoba tentunya. Karena ini akan membuat lidah Sahabat Merahputih bergoyang. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak:

5. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Apakah Anda pernah mencicipi kuliner yang berasal dari Aceh Besar satu ini? Makanan yang dinamakan ayam tangkap ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Aceh yang memiliki cita rasa yang gurih. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan adalah ayam yang sudah dipotong-potong dan diberi bumbu yang khas berupa cabe hijau, daun pandan, dan daun teumuru atau biasa disebut dengan daun kari.

4. Gulai Kambing

Gulai Kambing

Nah, kalau Sahabat Merahputih ingin berkunjung ke Aceh, wajib datang ke salah satu rumah makan yang menyajikan gulai kambing ini. Gulai kambing khas Aceh memang menjadi salah satu favorit, karena dibuat dengan bumbu rempah yang berpadu dengan kuah santannya.

Rasa kuahnya pun cukup tajam karena akan terasa rempah-rempah khas Aceh yang dicampur dengan bumbu cabe rawit tumbuk dan jeruk nipis. Sedangkan untuk isinya adalah daging kambing yang sudah direbus dan dicincang-cincang secara halus.

3. Sate Matang

Sate Matang

Mungkin kalau kuliner tradisional khas Aceh yang satu ini, sudah banyak orang yang mengetahuinya karena sangat populer di Aceh dan disetiap sudut kotanya pun juga banyak ditemukan. Kuliner yang dinamakan sate matang ini merupakan sate yang berasal dari daerah bernama Matang yang terletak di Kabupaten Bireuen Aceh. Sate Matang ini ternyata juga tidak seperti sate pada umumnya. Melainkan sate ini disajikan dengan cara disiram dengan kuah soto yang gurih.

2. Roti Maryam

Roti Maryam

Roti maryam atau biasa dikenal dengan roti cane juga menjadi salah satu kuliner yang hampir ada disetiap rumah makan di Aceh. Roti ini terbuat dari tepung terigu, air, telur dan mentega dengan memiliki bentuk yang datar. Masyarakat Indonesia juga banyak yang menyukai roti yang satu ini karena memiliki rasa yang gurih, apalagi ditambah dengan sop kari atau gula dan susu.

1. Mie Aceh

Mie Aceh

Dan yang pertama ada Mie Aceh yang merupakan kuliner khas Aceh yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan kepopulerannya pun sudah sampai di kancah Internasional. Mie Aceh memang memiliki ciri khas dan cita rasa yang menarik dikarenakan bumbu yang digunakan untuk memasak ini penuh dengan rempah-rempah seperti cabe, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar, jinten, adas dan kapulaga.

Duh, jadi lapar ya Sahabat Merahputih? Memang kuliner-kuliner khas daerah dari Indonesia sangat juara! Ngomong-ngomong soal makanan, apakah Anda tahu dengan kue cubit? Ternyata kue yang kekinian asalnya bukan dari Indonesia loh guys. Penasaran dan mau tau dari mana asalnya? Yuk simak dulu artikel berikut: Ternyata 8 Kue Indonesia Ini Berasal dari Belanda


Tags Artikel Ini

Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH