Entertainment Lainnya

5 Gejala Perimenopause yang Harus Diketahui Wanita

5 Gejala Perimenopause yang Harus Diketahui Wanita

Mungkin sebagian dari wanita sudah pernah mendengar istilah 'Jam Biologis' yang digunakan dalam konteks kesuburan pada seorang wanita.

Jam biologis yang dimaksud adalah di mana seorang wanita akan mengalami masa menopause, masa di mana berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia seorang wanita.

Biasanya, sebelum seorang wanita akan mengalami masa menopause, ia akan melewati masa transisi yang dikenal sebagai perimenopause atau produksi tubuh seperti hormon estrogen dan progesteron yang akan berkurang dan menyebabkan siklus menstruasi sedikit atau berhenti.

Masa transisi tersebut dapat berlangsung dari dua sampai lima tahun, namun itu bergantung kepada masing-masing wanita karena gejala perimenopause itu bervariatif.

Menurut direktur medis di New York, rata-rata usia seorang wanita yang akan mengalami menopause sekitar 47 tahun ke atas. Namun seorang dokter yang bernama Warren menyebutkan bahwa ada beberapa wanita yang sudah memasuki masa menopause di usia 30 tahun.

Nah, agar tidak bingung, berikut ini adalah beberapa gejala parimenopause yang perlu diketahui dilansir dari Health.com:

1. Siklus Tidak Teratur

Pinterest
Pinterest

Dr Warren mengatakan bahwa seorang wanita yang akan mengalami masa perimenopause kemungkinan akan mengalami perubahan siklus yang tidak teratur, misalnya mengalami menstruasi sebulan dua kali, atau dua bulan sekali. Hal itu disebabkan berfluktuasinya hormon estrogen.

2. Perdarahan yang Berat

Pinterest:jn.nutrition.org
Pinterest:jn.nutrition.org

Salah satu terjadinya perdarahan yang berat adalah adanya perubahan hormon progesteron yang disebabkan oleh ovulasi yang menjadi lebih tidak menentu. Jika MP Friends mengalami hal tersebut segera konsultasi pada dokter.

3. Hot Flashes

Pinterest:lifescript.com
Pinterest:lifescript.com

Sekitar 75 persen wanita perimenopause akan mengalami gejala yang dinamakan hot flashes. Gejala tersebut berupa rasa panas di dalam tubuh yang diikuti dengan keluarnya keringat serta jantung yang berdebar-debar.

Menurut para ahli, salah satu hal yang menyebabkan hot flashes adalah turunnya hormon estrogen. Untuk itu disarankan hindari kafein, makanan pedas, dan alkohol.

4. Perubahan Mood

Pinterest:Maya Bios
Pinterest:Maya Bios

Jika MP Friends memasuki masa perimenopause, maka gejala yang paling umum dirasakan adalah perubahan mood. Menurut Dr Warren, perubahan suasana hati seperti marah dan mudah tersinggung itu termasuk ke dalam gejala perimenopause dan perubahan ini juga dapat terjadi secara tiba-tiba.

5. Vagina Kering

Pinterest:cheatsheet.com
Pinterest:cheatsheet.com

Dan yang terakhir, gejala yang terjadi adalah penurunannya tingkat hormon estrogen yang dapat menyebabkan jaringan vagina kehilangan elastisitas dan pelumasan alami, yang dapat menyebabkan rasa sakit selama hubungan seksual.

Itulah beberapa gejala yang perlu diketahui oleh para wanita yang akan mengalami masa perimenopause. O iya, kalau MP Friends sudah memasuki lanjut usia, coba yuk lakukan beberapa kebiasaan ini yang baik untuk kesehatan, apa saja? ini dia: 7 Kebiasaan Orang-orang dengan Kesehatan Baik di Usia Tua

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami