5 Fakta-fakta Seputar Pilek yang Perlu Kalian Ketahui Ilustasi. (Instagram/the_guy_with_cloud_envy)

Pilek menjadi gangguan saluran pernapasan yang sering diderita banyak orang. Meski tidak berbahaya, tapi penyakit ini sangat bikin kesal karena mengganggu aktivitas.

Pilek dikenal juga sebagai nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma. Pilek ini merupakan penyakit menular yang disebabkan virus pada sistem pernapasan terutama hidung. Gejala pada penderita pilek yaitu batuk, sakit tenggorokan, bersin, sakit kepala, dan demam.

Pilek biasanya muncul saat musim hujan. Apalagi kalau terkena air hujan, kemungkinan sesorang tekena pilek sangat tinggi. Pilek juga berhubungan dengan daya tahan tubuh. Semakin rendah daya tahan tubuh seseorang, maka semakin rentan terkena pilek.

Berikut merahputih.com sajikan 5 fakta menarik tentang pilek, diolah dari berbagai sumber.

1. 200 Virus

Penyakit pilek punya lebih dari 200 strain virus. Rhinovirus menjadi virus paling umum.

Pilek menular melalui udara ketika seseorang dekat dengan orang yang sudah terkena pilek.

Visu. (Instagram/hyperfaunaaa)
Visu. (Instagram/hyperfaunaaa)

2. Dicegah dengan Mencuci Tangan

Pilek dikenal tidak ada vaksin untuk menangkalnya. Pilek dapat dicegah dengan pola hidup bersih, di antaranya cuci tangan.

Mencuci tangan sangat baik untuk mencegah pilek terutama setelah melakukan kegiatan atau saat ingin makan sesuatu.

Cuci tangan. (Instagram/kkn_uns_malang2017)
Cuci tangan. (Instagram/kkn_uns_malang2017)

3. Olahraga Mencegah Pilek

Olahraga juga dapat mencegah seseorang agar tidak terkena pilek. Hal ini berhubungan dengan daya tahan tubuh, karena olah raga dapat meingkatkan sistem imun.

Olahraga tidak hanya memang terbukti membuat seseorang lebih sehat. Olahraga tentunya juga dapat memperkuat pertahanan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Jogging. (Instagram/worlderunners)
Jogging. (Instagram/worlderunners)

4. Penyakit Musim Hujan

Pilek dikenal juga sebagai penyakit musiman, yaitu saat musim hujan atau musim dingin. Dalam bahasa Inggris, pilek juga disebut "cold", yang juga berarti dingin.

Faktor dingin atau hujan juga dipercaya mempermudah penularan virus pilek. Itu karena saat hujan orang lebih banyak berkumpul. Sementara, orang yang duduk berdekatan paling berisiko terkena virus pilek.

Hujan. (Instagram/simayalsan)
Hujan. (Instagram/simayalsan)

5. Kurang Tidur Penyebab Pilek

Jangan banyak begadang kalau kamu tak ingin terkena pilek. Terutama begadang saat musim hujan. Kurang tidur menjadi salah satu penyebab pilek.

Selain tidur, pilek juga disebabkan karena gizi buruk. Kurang tidur dan gizi buruk rentan terkena pilek karena berhubungan dengan sistem kekebalan rendah.

Ilustrasi. (Instagram/amymillardglobal)
Ilustrasi. (Instagram/amymillardglobal)

Pilek sangat menggangu aktivitas. Oleh karena itu, meski bukan penyakit berbahaya, MP Friends harus tetap menjaga kesehatan agar sistem kekebalan tubuh tetap tinggi.

Kamu juga penasaran dengan penyakit batu? Artikel tips kesehatan ini bisa dibaca Enam Penyebab Batuk Tidak Kunjung Berhenti


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE