5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Jika Anda ke Aceh Taman Nasional Gunung Leuser (Dok. Agus Nurza Birdir)

Banda Aceh atau yang lebih dikenal dengan Aceh merupakan salah satu provinsi yang berada di ujung Pulau Sumatera. Kota yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah ini ternyata memiliki alam yang luar biasa indah, mulai dari pantai sampai dengan pegunungannya.

Walaupun Aceh pernah mengalami kerusakan akibat bencana tsunami pada tahun 2004 di sebagian wilayahnya termasuk beberapa tempat wisata, Kota yang memiliki sekitar 4.500.000 jiwa ini pun kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Berikut beberapa destinasi wisata di Aceh yang bisa jadi referensi Sahabat Merahputih jika ingin berlibur ke Aceh, mau tau? Yuk simak:

1. Pulau Weh

Pulau Weh (islandanakbackpacker)

Pulau Weh merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Aceh. Pulau yang dikenal karena memiliki keindahan alam bawah lautnya ini memang menawarkan banyak spot, terkait terumbu karang, serta lokasi pantai yang masih bersih, dan belum terjamah.

Bagi Sahabat Merahputih yang suka menyelam dan ingin menikmati keindahan bawah laut, mungkin pulau Weh bisa jadi salah satu rekomendasi yang sangat tepat untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk keramaian.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (Dok. Agus Nurza Birdir)

Mungkin bagi Sahabat Merahputih yang datang ke Taman Nasional Gunung Leuser, yang dilihat bukan hanya sekadar gunungnya saja, melainkan beberapa pemandangan seperti hutan lebat khas hujan tropis, suarga margasatwa seperti hewan orangutan Sumatera ataupun sebuah sungai yang bernama sungai alas.

Sungai ini memang dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang favorit karena memiliki air yang sangat jernih, dengan bentuk sungai yang berkelok, dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan berpetualang bagi Anda yang suka tantangan dengan berarum jeram.

3. Pantai Sumur Tiga

Pulau Sumur Tiga Beach (hsblogsopt)

Dengan mendengar namanya, mungkin Sahabat Merahputih akan menyangka kalau ini merupakan sebuah sumur yang berada dekat pantai? Namun ternyata itu salah. Bagi masyarakat Aceh, Sumur Tiga Beach ini adalah Hawainya Indonesia.

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu destinasi wisata berupa pantai berpasir putih yang memiliki tekstur pasir yang lembut dengan garis pantai yang sangat panjang.

4. Pantai Ulee Lheue

Pantai ulee Zphoto

Yang ke empat, ada pantai yang bernama Ulee Lheue. Pantai ini hanya berjarak 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Meuraxa. Bagi Anda yang suka memancing, mungkin tempat ini bisa jadi rekomendasinya. Atau jika tidak suka memancing, Anda dapat menikmati pemandangan dari pinggir pantai berupa barisan pegunungan diseberang yang menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

5. Pantain Terong

Pantan Terong(lihat.co.id)

Dan yang terakhir ada Pantan Terong. Jika Sahabat Merahputih ingin melihat kota Banda Aceh dari ketinggian, mungkin tempat ini bisa jadi destinasinya. Pantan Terong merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Lokasi ini berada di ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu dataran tinggi Gayo Takengon yang berada di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Namun yang paling menjadi favorit untuk datang ke sini adalah, Sahabat Merahputih bisa menikmati keindahan panorama, serta dapat melihat danau laut tawar yang menyerupai sebuah kuali raksasa dari atas bukit

Itulah beberapa destinasi wisata yang dimiliki Aceh. Indah-indah banget ya, guys? Bagi Anda yang pernah berkunjung ke sana, boleh berbagi pengalamannya di bawah kolom, ya? Nah, selain Aceh masih banyak loh tempat wisata yang wajib dikunjungi, terutama di Indonesia. Mau tau? Yuk baca artikelnya: Pulau-Pulau Hits 2016 Di Sumatera Barat


Tags Artikel Ini

Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH