5 Artis Ini Laris Manis Tekuni Bisnis Kuliner Kreasi Daerah

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 24 Februari 2017
5 Artis Ini Laris Manis Tekuni Bisnis Kuliner Kreasi Daerah
(Instagram/irwansyah_15)

Menjalani profesi sebagai selebritis ternyata tak membuat deretan artis Indonesia seperti Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar, Irwansyah, Dude Harlino dan Irfan Hakim malu untuk mencari sampingan dengan merambah dunia bisnis kuliner. Saat ini mereka berjualan oleh-oleh kue khas dari beberapa daerah di Indonesia.

Bahkan, siapa yang menyangka, ternyata peluang bisnis yang mereka manfaatkan tersebut mendapat respon baik dari masyarakat. Tak hanya memiliki satu outlet saja, artis-artis ini juga sudah membuka cabang di beberapa titik di daerah tempat mereka berjualan.

Mau tahu siapa aja sih artis-artis papan atas Indonesia yang merambah dunia bisnis kuliner dan ternyata banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini daftarnya.

5. Irfan Hakim 'Makassar Baklave'

(Instagram/irfanhakim75)
(Instagram/irfanhakim75)

Presenter Irfan Hakim ternyata tak puas jika hanya menggeluti dunia presenting saja. Ayah dari empat anak ini ternyata juga menjajal bisnis kuliner dengan membuka outlet oleh-oleh khas Makassar yang diberi nama 'Makassar Baklave' di Jalan Sultan Hasanuddin No. 31 Makassar.

Makassar Baklave miliki Irfan ini menyediakan 5 varian rasa. Namun yang menjadi andalan yakni rasa banana fluffy yang dibuat khusus untuk mengangkat pisang sebagai salah satu buah yang sangat melimpah dan digemari oleh masyarakat di Makassar.

Alasan Irfan membuka bisnis kuliner oleh-oleh khas Makassar ini karena buat Irfan Kota Makassar memiliki banyak kenangan manis dalam perjalanan hidupnya. Terutama saat ia menemukan cinta sejatinya.

4. Dude Harlino 'Jogja Scrummy'

(Instagram/jogjascrummy)
(Instagram/jogjascrummy)

Berawal dari kecintaannya terhadap kota pelajar Yogyakarta, aktor tampan Dude Harlino akhirnya merambah bisnis kuliner yang diberi nama 'Jogja Scrummy'.

'Jogja Scrummy' milik Dude ini adalah kue berlapis perpaduan antara puff pastry dan brownies kukus yang di bawahnya memiliki filling berbagai rasa. Varian rasa yang dapat dipilih yaitu Keju, Coklat, Srikaya, Mangga, Caramel dan Taro/Talas.

Jogja Scrummy merupakan inovasi baru yang dibuat khusus sebagai salah satu pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Yogyakarta, dan hanya bisa didapatkan di kota Gudeg tersebut.

Alasan Dude Harlino memilih Jogja karena Jogja mempunyai keunikan tersendiri mulai dari budayanya, sejarahnya, agamanya, sosialnya dan wisatanya. Dengan adanya 'Jogja Scrummy' ini bisa menambah pilihan oleh-oleh para wisatawan saat berlibur ke Jogja selain bakpia.

3. Teuku Wisnu 'Malang Strudel'

(Instagram/shireensungkar)
(Instagram/shireensungkar)

Suami Shireen Sungkar ini bisa dikatakan menjadi salah satu pelopor para artis lainnya yang lebih dulu terjun ke bisnis kuliner di tahun 2015 dengan menggeluti bisnis oleh-oleh khas Malang yang diberi nama 'Malang Strudel'.

Ide untuk terjun ke bisnis oleh-oleh ini bermula saat Teuku Wisnu dan Shireen berjalan-jalan ke Eropa beberapa tahun silam, keduanya sangat menyukai strudel yang menjadi makanan favorit rakyat Austria, Jerman dan negara Eropa lainnya. Di Eropa, strudel yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat di sana adalah strudel yang berisi buah apel. Di Jerman sering disebut dengan apfel strudel.

Hingga saat Teuku Wisnu dan Shireen kembali ke Indonesia terpilihlah kue ini menjadi oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temannya di Indonesia. Teman-teman dan keluarganya pun ternyata juga banyak yang menyukai kue ini. Dan terciptalah 'Malang Strudel' oleh-oleh khas Malang.

2. Irwansyah 'Medan Napoleon'

(Instagram/medannapoleon)
(Instagram/medannapoleon)

Aktor sekaligus penyanyi Irwansyah juga sepertinya tertarik untuk mengikuti jejak Teuku Wisnu untuk terjun ke dunia bisnis kuliner yang diberi nama 'Medan Napoleon'.

'Medan Napoleon' merupakan oleh-oleh kue khas Medan, yang terdiri dari lapisan pastry tipis yang diselingi dengan selai atau cream manis, kemudian luarnya di lapisi dengan bolu yang lembut. Yang menjadi keunikan kue ini adalah, bentuk luarnya yang tampak seperti bolu gulung pada umumnya. Namun saat dimakan, ternyata rasanya tidak seperti bolu gulung biasa. Rasanya sangat renyah, karena terdapat lapisan pastry di dalamnya.

'Medan Napoleon' menciptakan cake dalam 5 varian rasa. Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Cake cantik ini berbentuk persegi panjang dan berukuran 25 x 9 cm yang sangat cocok jika dinikmati bersama keluarga dan teman-teman saat santai.

1. Zaskia Sungkar 'Surabaya Snow Cake'

(Instagram/surabayasnowcake)
(Instagram/surabayasnowcake)

Terinspirasi dari adik Iparnya, Teuku Wisnu dan suaminya Irwansyah yang telah lebih dulu sukses merambah bisnis kuliner 'Malang Strudel' dan 'Medan Napoleon'. Kini perlahan namun pasti, akhirnya Zaskia Sungkar pun ikut terjun ke dunia bisnis kuliner oleh-oleh khas Surabaya yang diberi nama 'Surabaya Snow Cake'.

'Surabaya Snow Cake' terdiri dari lapisan pastry pada lapisan atas dan lapisan paling bawah. Lalu pada lapisan tengan atau kedua adalah lapisan roti lunak. 'Surabaya Snow Cake' ini di taburi gula halus pada lapisan teratasnya yang menjadi ciri khas dari kue bertabur salju ini. 'Surabaya Snow Cake' memiliki 5 varian rasa yakni Vanila, Caramel, Choco Banana, Choco Green Tea dan rasa Keju.

Alasan Zaskia akhirnya memilih untuk ikut bergabung bersama Teuku Wisnu dan Irwansyah menggeluti bisnis kuliner berawal karena dulu kakak kandung Shireen Sungkar ini sempat menekuni ilmu di Culinary School Jakarta. Meskipun saat ini dirinya sudah sibuk dengan dunia fashion yang telah ia geluti lebih dulu, ternyata hal yersebut tidak membuatnya menyerah dan tetap ingin menyalurkan hasratnya di dunia kuliner.

Sampai akhirnya tercetuslah ide untuk membuka usaha toko oleh-oleh khas Surabaya yakni 'Surabaya Snow Cake', berbekal ilmu dan sukungan dari suami dan orang-orang terdekatnya, kini Zaskia telah memiliki satu outlet resmi 'Surabaya Snow Cake' di jalan Flores 15 Surabaya.

Yuk lihat artikel lain dari artis-artis Indonesia lainnya di sini: Ingin Jakarta Lebih Baik Lagi, Sederet Artis Indonesia Ini Beri Dukungan untuk Ahok-Djarot.

Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan