5 Area Terkotor di Dapur yang Pria Tidak Tahu

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 16 Mei 2017
5 Area Terkotor di Dapur yang Pria Tidak Tahu
Spons dan bak cuci piring merupakan dua dari lima area terkotor di dapur. (Foto: pixabay.com)

Anda mungkin sering melakukan medical check up, tapi hampir tidak pernah mengecek kebersihan dapur di rumah. Padahal, dapur memiliki banyak area kotor yang mengandung bakteri.

Hal itu dibuktikan oleh hasil riset terbaru yang dilakukan tim peneliti dari Drexel University terhadap 200 dapur di Philadelphia. Berbekal checklist yang sama dengan inspeksi kesehatan di restoran, para peneliti mengambil sampel dari area yang berbeda di dapur. Hasilnya, ada 5 komponen di dapur yang ternyata mengandung banyak bakteri.

1. Freezer

Yup, freezer mengandung banyak bakteri karena tempat ini biasanya digunakan untuk menaruh bahan makanan mentah seperti daging dan ayam. Anda sebaiknya tidak menaruh jus buah atau sayur mentah di dalam freezer karena berpotensi terkena bakteri dari bahan makanan mentah lainnya. Perlu Anda ketahui, daging, ikan dan ayam mentah yang ditaruh di freezer dengan temperatur di atas 41 F memungkinkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

2. Spons

Spons pencuci piring juga mengandung banyak bakteri. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 64 persen dari spons yang ditemukan di dapur mengandung bakteri. Agar bakteri pathogen yang ada di spons mati, hangatkan spons di dalam microwave selama 1 menit!

3. Bak cuci piring

Sama seperti spons, di area bak cuci piring juga ternyata terdapat bakteri. Jenis bakteri yang dijumpai adalah E. coli. Dan tim peneliti menemukannya di hampir 82 persen dari bak cuci piring yang diinspeksi. Setiap habis cuci piring, jangan lupa bersihkan bak cuci piring di dapur Anda, ya!

4. Papan pemotong

Hampir 80 persen dari papan pemotong yang dicek memiliki retak. Lalu, pada celah-celah retakan ditemukan bakteri. Lebih buruk lagi, sekitar 50 persen dari seluruh rumah yang diinspeksi, ternyata tidak memiliki papan pemotong yang mulus sehingga rentan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Jika di rumah ada papan pemotong yang retak, Anda sebaiknya segera membuangnya, ya.

5. Kandang binatang

Sekira 65 persen rumah yang diperiksa berisi kecoa, semut dan hewan pengerat seperti tikus. Binatang peliharaan wajib disalahkan atas kehadiran hewan-hewan tersebut. Maka, jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan kandang dan area sekitarnya selalu dibersihkan setiap hari.

Cara termudah menjaga kesehatan keluarga ialah dengan senantiasa merawat dapur agar tetap bersih. Pelajari apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dapur. Lalu bagikan informasi tersebut kepada pasangan, anak-anak dan seluruh penghuni rumah.

#Semut #Kecoa #Dapur Manado
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan