4 Tips Hindari Kulit Wajah Kusam bagi Pria

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 06 Mei 2017
4 Tips Hindari Kulit Wajah Kusam bagi Pria
Cuci wajah Anda secara rutin dua kali sehari (Foto: Huffington Post)

Permasalahan kulit wajah tak hanya dialami kaum perempuan. Pria pun banyak yang mengalaminya, terutama masalah kulit wajah kusam. Hal itu tentu membuat kepercayaan diri menurun. Sebagai pria, Anda tidak perlu malu untuk merawat kulit wajah. Tidak perlu terlalu detail hingga "mengoleksi" banyak produk kecantikan—eh, kegantengan—seperti para perempuan. Setidaknya, luangkan waktu beberapa saat untuk menjaga kulit Anda tidak kusam.

Ikuti langkah sederhana berikut untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda yang kusam.

1. Rutin membersihkan wajah

Pria umumnya memproduksi lebih banyak minyak pada wajah. Sehingga, kotoran lebih mudah menempel di wajah setelah beraktivitas seharian. Karena itu, jangan malas mencuci wajah Anda, terutama sebelum tidur. Mungkin Anda kelelahan dan ingin segera tidur, lalu berpikir untuk membersihkan wajah Anda keesokan harinya saja. Namun, kotoran yang Anda biarkan "mengendap" di wajah semalaman akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Misalnya, jerawat dan komedo. Sebelum masalah tersebut datang, mulailah untuk rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari.

2. Gunakan pelembap

Pelembap berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Selain memberikan nutrisi, pelembap juga dapat melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari, polusi, serta radikal bebas lainnya. Saat ini sudah banyak kok produk pelembap khusus pria. Pilihlah jenis pelembap yang berbahan dasar kopi, mint, atau lemon. Ketiga bahan tersebut dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda.

3. Kurangi begadang

Dunia pria mungkin identik dengan kebiasaan satu ini: begadang. Entahkah menonton bola di tengah malam hingga subuh, atau pun pergi bersama teman-teman hingga larut malam. Terlalu sering begadang dapat membuat wajah Anda terlihat lesu dan lelah. Selain itu, begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh, yang juga berdampak pada kulit Anda. Saat begadang, Anda akan melewatkan proses regenerasi sel-sel kulit. Akibatnya, wajah akan menjadi kusam karena sel-sel kulit mati menumpuk.

4. Menjaga pola makan

Makanan yang Anda konsumsi akan memengaruhi kesehatan kulit wajah Anda. Hindari beberapa jenis makanan yang banyak mengandung minyak dan berlemak. Makanan berlemak seperti junk food atau gorengan dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah Anda. Akibatnya, kembali lagi, kotoran akan lebih mudah menempel pada wajah berminyak Anda, membuatnya terlihat makin kusam.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan para pria agar terhindar dari masalah kulit kusam. Lihat juga informasi lainnya mengenai kesehatan di sini: Ini Efek Buruk Jika Anda Sering Lembur.

#Tips #Tips Kesehatan #Kulit Sehat #Pria #Perawatan Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan