4 Strategi Adaptasi di Kantor Baru Lakukan beberapa langkah berikut untuk menghindari kecanggungan di kantor baru (Foto: Pixabay)

Bekerja lama di sebuah perusahaan membuat Anda telah menemukan zona nyaman tersendiri. Jika ternyata kemudian Anda harus resign dan pindah ke kantor baru, kembali beradaptasi bisa jadi hal yang menyulitkan. Punya pengalaman kerja yang cukup panjang tidak menjamin Anda mudah masuk ke lingkungan kerja yang baru. Jangan remehkan hal ini, karena kesan awal itu penting untuk membuat pekerjaan Anda selanjutnya lebih lancar.

Simak beberapa tips berikut agar Anda bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja yang baru.

1. Kuasai seni mengobrol

Hari pertama di kantor biasanya diawali dengan ramah-tamah dan berkenalan. Banyaklah tersenyum dan tunjukkan sisi bersahabat. Langkah kecil ini bisa menjalin relasi sekaligus menjadi dasar bekerja dalam tim, pun membuka berbagai kesempatan yang akan datang. Awali percakapan untuk menggali lebih jauh informasi tentang lawan bicara. Tanyakan pertanyaan yang sifatnya umum, misalnya divisi mereka atau tempat makan siang mereka biasanya.

2. Jadi pendengar yang aktif

Perbanyak mendengar dan bertanya, serta jadilah penyabar dan pengamat dalam berinteraksi dengan rekan kerja. Setelahnya, baru kemukakan pendapat. Terimalah masukan apa pun yang diberikan rekan kerja, baik saran maupun kritik. Menerima kritik dan mengevaluasi diri merupakan salah satu ciri pribadi yang siap berkembang dan melesat kariernya.

3. Mulai bangun hubungan

Salah satu faktor kebahagiaan seseorang juga bertumpu pada hubungan sehat dengan banyak orang. Hubungan sehat ini berarti kita bisa menjadi diri sendiri dan mendukung orang lain untuk jadi diri mereka sendiri. Di kantor, coba bangun hubungan dengan mengobrol di waktu istirahat, serta luangkan waktu untuk mengikuti acara-acara kebersamaan. Karier pun akan lebih baik jika kita memiliki jaringan yang baik dengan sesama.

4. Berpartisipasi aktif

Setelah memahami bagaimana dan kapan harus berkontribusi di kantor tersebut, Anda bisa mulai menambahkan 'nilai' sedikit demi sedikit. Dalam sebuah proyek bersama, tawarkan bantuan apa pun terkait bidang yang Anda kuasai. Tidak perlu terlalu menonjol atau jadi sibuk sendiri. Cukup berpartisipasi aktif dan ikut mengembangkan divisi Anda.

Jika semua hal tersebut bisa Anda praktikkan dengan baik, teman akan datang dengan sendirinya. Berteman dengan banyak orang di kantor membuat suasana kantor lebih hangat. Relasi baik ini tentu memudahkan Anda dalam bekerja. Anda pun tidak menjadi canggung lagi sebagai orang baru.

Baca juga info menarik lainnya: Ciri Anda Lebih Cerdas dari yang Anda Sadari.



Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE