4 Senjata Ampuh Mencintai Diri

Rina GarminaRina Garmina - Senin, 08 Mei 2017
4 Senjata Ampuh Mencintai Diri
Saat rasa percaya diri menurun, berdiri tegak dan ucapkan kata-kata yang mengandung sugesti positif. (Foto: Gettyimages.com)

Mencintai diri atau self love berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan, seperti bagaimana Anda menghadapi problematika kehidupan, memilih pasangan, serta menampilkan diri di kantor.

Self love adalah keadaan yang muncul dari penghargaan terhadap diri sendiri, sebagai hasil dari berbagai perilaku yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, serta spiritual.

"Ketika seseorang mencintai dirinya sendiri, ia dapat menerima (diri) sepenuhnya walaupun memiliki keterbatasan diri," papar Psikolog Sarah Sartika sekaligus dosen di Universitas Islam Bandung (Unisba) kepada merahputih.com.

Efek positif lainnya ialah adanya peningkatan kepercayaan diri. Lantas, apa yang Sahabat Merahputih harus lakukan untuk menumbuhkan self love?

1. Kenali diri

Pepatah "tak kenal maka tak sayang" berlaku untuk menumbuhkan self love. Menurut Sarah, Anda tidak bisa mencintai seseorang kalau tidak mengenal orang tersebut. Begitu pula dalam mencintai diri Anda. Kenali diri Anda sepenuhnya. Apa kelebihan dan kekurangan Anda, hal-hal apa yang membuat Anda bahagia. Gali apa yang Sahabat Merahputih sukai dan tidak sukai. Serta, satu lagi yang tidak kalah penting, cari tahu apa tujuan hidup Anda! Orang yang mencintai dirinya sendiri akan melakukan perilaku-perilaku yang selaras dengan tujuan hidupnya.

2. Ucapkan sugesti positif

Senantiasa ucapkan kata-kata yang dapat menyemangati diri Anda. Contohnya saja, "Saya pemberani", "Saya cerdas", dan "Semua orang menyukai saya". Dengan kata-kata seperti itu, rasa percaya diri Sahabat Merahputih akan meningkat dan Anda jadi lebih semangat menyelesaikan semua aktivitas harian.

3. Rawat diri

Rawatlah diri Anda dengan baik. Sayangi diri Sahabat Merahputih. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga, serta rawat fisik Anda. Terakhir, lakukan hal-hal yang menyenangkan Sahabat Merahputih. Dengan merawat diri, tubuh akan lebih bugar, wajah terlihat bersih, dan kepercayaan diri akan meningkat. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri.

4. Maafkan diri

Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, maafkan diri saat Anda melakukan kesalahan. Itu hal yang manusiawi. Jika kesalahan itu membuat Anda tumbuh dan berkembang dengan baik, kesalahan tersebut telah berubah menjadi pelajaran.

#Self Love #Mencintai Diri #Psikolog #Psikologi #Sarah Sartika #Psikolog Sarah Sartika
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan