4 Jenis Makanan ini Wajib Hadir pada Menu Sarapan Ibu Hamil pinterest.com

Mengalami morning sickness pada trimester pertama kehamilan? Terasa menyiksa, ya? Memang, tapi, jangan biarkan gangguan pusing, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan di pagi hari membuat Sahabat Merahputih melewatkan sarapan.

Demi menjaga kesehatan ibu dan janin, Sahabat Merahputih harus dapat mengalahkan gangguan-gangguan tersebut. Sebab, melewatkan sarapan berisiko memicu terjadinya persalinan prematur, obesitas, dan dikhawatirkan pula akan mengganggu nutrisi yang dibutuhkan janin.

Selain itu, trimester pertama merupakan masa penting untuk pertumbuhan janin. Maka, tidak heran kalau Sahabat Merahputih disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sarapan.

Berikut empat jenis makanan terbaik untuk sarapan ibu hamil.

1. Makanan berwarna hijau

pinterest.com

Makanan berwarna hijau ini harus alami, bukan olahan. Sahabat Merahputih dapat menjumpainya pada sayuran dan buah-buahan. Sawi, bayam, alpukat, dan kiwi merupakan beberapa jenis makanan berwarna hijau yang menyehatkan bagi ibu hamil dan janin.

Mengonsumsi sawi, misalnya, berguna untuk membantu proses pembekuan darah janin, menjaga kadar gula darah, membuat tidur lebih nyenyak, dan mampu meningkatkan mood. Satu hal yang perlu diingat, konsumsi sayuran dalam kondisi matang, bukan mentah, agar terbebas dari bakteri. Sahabat Merahputih bisa memasaknya dengan cara menumis, merebus atau mengukus sayur.

2. Biji-bijian utuh

buletinaktual.com

Biji-bijian utuh amat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan ibu dan janin. Biji-bijian yang belum mengalami proses penggilingan atau pengolahan ini kaya karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan asam folat.

Dalam jurnal kesehatan yang dipublikasikan Harvard Medical Health disebutkan bahwa asam folat baik untuk mendukung pertumbuhan janin.

Mengonsumsi biji-bijian utuh ketika sarapan juga akan membuat ibu hamil merasa awet kenyang, tidak mudah kembung, dan berenergi. Jika tidak suka biji-bijian utuh, Sahabat Merahputih dapat menggantinya dengan sereal atau roti gandum.

3. Susu

utimefitness.hk
utimefitness.hk

Sering menghindari susu akibat takut gemuk? Saat hamil, Sahabat Merahputih disarankan agar tidak lagi menghindarinya. Susu mengandung protein, kalsium, lemak sehat, dan kalsium.

Mengonsumsi segelas susu di pagi hari akan membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Jika tidak suka susu, Sahabat Merahputih bisa menambahkan sereal atau buah-buahan ke dalam segelas susu.

4. Buah segar

pinterest.com

Selain kiwi dan alpukat yang berwarna hijau, buah-buahan segar lain pun baik bagi ibu hamil dan janin. Pilh buah yang banyak mengandung asam folat, potasium, dan vitamin C.

Beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi saat sarapan, antara lain, apel, pisang, pepaya matang, dan blueberry.

Mengonsumsi keempat jenis makanan tersebut saat sarapan akan membantu kesehatan ibu hamil dan janin. Maka, biasakan untuk memasukkannya ke dalam menu sarapan Sahabat Meraputih, ya!



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE