4 Bulan, Usia Kehamilan Ideal untuk Bepergian Jarak Jauh Ibu hamil dapat melancong dengan aman pada usia kehamilan 14-28 minggu (Sumber Foto: Lonely Planet)

Kehamilan pertama seringkali membuat ibu hamil khawatir melakukan perjalanan jauh. Padahal, melancong ke luar kota dan negara lain biasanya telah menjadi agenda rutin tahunan sewaktu belum hamil.

Jangan biarkan kehamilan menghalangi hobi traveling Sahabat Merahputih. Meski hamil, Sahabat Merahputih dapat tetap melakukan perjalanan jauh. Misalnya saja naik pesawat dari Jakarta ke Seoul yang membutuhkan waktu delapan jam.

Usia kehamilan 14 hingga 28 minggu merupakan saat yang tepat untuk traveling. “Kehamilan trimester kedua, bila keadaan janin dan ibu normal, sampai batas tertentu, dianggap aman untuk melakukan perjalanan jauh”, terang Dr Rimonta F Gunanegara, SpOG, MpdKed.

Banyak objek wisata yang dapat menjadi destinasi liburan ibu hamil (Sumber Foto: Insure My Trip)

Sementara kehamilan trimester pertama masih dianggap risiko tinggi keguguran. Kemudian trimester ketiga memiliki risiko terjadi kelahiran prematur. Melakukan perjalanan jauh di akhir usia kehamilan juga dapat membuat ibu kelelahan. Lantas, setelah usia kehamilan 28 minggu, ibu hamil biasanya lebih sulit bergerak dan duduk dalam waktu lama.

Dengan mempertimbangkan semua risiko yang ada, maka Sahabat Merahputih disarankan menghindari pekerjaan atau perjalanan yang melelahkan fisik dan emosi pada kehamilan trimester pertama dan ketiga.

Sementara pada kehamilan trimester kedua, Sahabat Merahputih dapat melakukan perjalanan jauh dengan aman. Namun, jangan lupa, cek terlebih dahulu kondisi kesehatan janin dan ibu sebelum bepergian ya. (Rin)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ini 5 Keuntungan Jika Anda Menikah Muda



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE