3 Pantai Terbaik untuk Surfing di Yogyakarta Pantai Krakal. (Instagram/lahmiachmad)

Daya tarik di deretan pantai selatan Yogyakarta ialah keindahan ombak dan pesona lautannya yang membahana. Ombak yang deras membawa semilir angin nan nikmat untuk dibawa santai. Ditambah pesona laut selatan yang begitu indah. Puaslah waktu bersantai di tepian pantai.

Ombak pantai selatan memang terkenal ganas. Tak tanggung-tanggung, hampir setiap bulannya ada saja wisatawan yang lengah hingga menjadi korban keganasan ombak pantai selatan. Rata-rata ketinggian ombaknya mencapai 2-4 meter. Di sisi lain, bagi pecinta dunia surfing, tentu ombak merupakan hal primer. Tanpa ombak tinggi, surfing atau berselancar tidak akan berjalan mulus.

Namun, tahukah Anda bahwa sampai saat ini masih belum banyak yang mengetahui bahwa beberapa di antara pantai Yogyakarta layak untuk dijadikan tempat surfing? Yup, beberapa di antara pantai Yogyakarta memang menjadi surganya para surfer.

Berdasarkan pantauan merahputih.com, selama menelusuri pantai-pantai selatan Yogyakarta, setidaknya terdapat tiga pantai terbaik untuk surfing. Ketiganya berada di dua kabupaten, yakni Bantul dan Gunungkidul.

Langsung saja simak 3 ulasan singkat pantai surfing di Yogyakarta berikut ini.


1. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan salah satu objek wisata laut yang memesona di DI Yogyakarta. Letaknya di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jaraknya sekira 40 km dari pusat kota Wonosari. Sementara perjalanan dari Kota Yogyakarta sekira 80 km. Lokasi memang agak jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun bukan berarti tidak ada transportasi umum ke objek wisata paling timur pesisir selatan DI Yogyakarta ini.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, carilah bus umum ke Wonosari. Selanjutnya dari Kota Wonosari beralih ke angkutan khusus ke kawasan pantai selatan, seperti Indrayanti dan sebagainya. Setelah sampai di kawasan pantai, cari tukang ojek khusus untuk mengantarkan ke Pantai Wediombo.

Pantai ini menjadi tempat atau lokasi terbaik untuk surfing dari seluruh pantai yang ada di Yogyakarta. Sesuai namanya, luasnya pasir menjadi ciri khas Pantai Wediombo. Di sisi kiri dan kanannya terdapat pegunungan karst, sehingga membuat ombaknya selalu stabil ketinggian tertentu.

Pantai Wediombo. (Insagram/ria.duck)
Pantai Wediombo. (Insagram/ria.duck)

Pantai Wediombo pun menjadi satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki komunitas surfing. Komunitas tersebut bernama WOSS. Hampir setiap tahunnya ada saja kegiatan surfing di pantai ini.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan objek wisata yang sudah lama populer sebagai salah satu pantai terindah di ujung Selatan Yogyakarta. Terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak ubahnya Pantai Wediombo, Pantai Krakal juga memiliki hamparan pasir yang cukup luas dan diapit pegunungan khas Gunungkidul. Kondisi ini pula yang membuat ombaknya stabil di ketinggian tertentu. Bahkan, hentakan ombak di pantai ini tidak sedahsyat di Pantai Wediombo.

Tak ayal, para pecinta surfing yang terbilang masih pemula atau masih remaja sering memanfaatkan ombak Pantai Krakal. Bahkan, hampir setiap akhir pekan, di saat cuaca sedang ramah, di sini selalu saja remaja berlatih surfing.

Pantai Krakal. (Instagram/ricopryg)
Pantai Krakal. (Instagram/ricopryg)

Pemandangan itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi, pemandangan orang berlatih surfing jarang ditemui.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan spot pantai paling primadona di Yogyakarta. Hampir setiap momen liburan pantai yang menjadi poros sumbu imajiner Kerajaan Mataram ini selalu dipadati wisatawan.

Mudahnya akses dan jarak yang dekat dengan Kota Yogyakarta menjadi alasan utama mengapa Pantai Parangtritis menjadi ikon wisata pantai Yogyakarta. Bayangkan, jika ke pantai selatan lainnya, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi. Berbeda dengan Pantai Parangtritis, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum atau bus jalur Yogyakarta-Parangtritis.

Di tengah kegemuruhan wisatawan, ternyata pantai ini menyimpan daya tarik baru. Pantai Parangtritis menjadi surga bagi para pecinta dunia surfing di Yogyakarta. Sebenarnya surfing di Parangtritis baru-baru ini saja. Sebelumnya, surfing masih dianggap aneh karena ombaknya sangat ganas.

Terbaru, para pecinta surfing di Pantai Parangtritis telah membentuk komunitas. Namanya DPSC. Pada waktu tertentu, komunitas ini selalu beraksi di sudut-sudut pantai dengan ombaknya Parangtritis. Bahkan, hidupnya dunia surfing di sini tak terlepas dari peran komunitas DPSC.

Pantai Parangtritis. (Instagram/aris_tyan)
Pantai Parangtritis. (Instagram/aris_tyan)

Namun bagi pemula, surfing di sini wajib mahir berenang. Pasalnya, ombaknya tidak cukup ramah. So, surfing boleh, namun bersiaga jangan lupa. (Fre)



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH