3 Menu Mahal Dunia dari Indonesia

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 05 Mei 2017
3 Menu Mahal Dunia dari Indonesia
Kopi, salah satu menu termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. (Foto: pixabay.com)

Bicara tentang kuliner memang tak ada habisnya. Apalagi bila menjelajahi kuliner yang ada di seluruh dunia. Ada banyak makanan dan minuman mewah berharga mahal di seluruh negara. Untuk harga, makanan dan minuman lokal yang dijual di Indonesia harganya tidak sefantastis di negara maju. Standar harganya kurang lebih sama dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan.

Tapi, tahukah Sahabat Merahputih bahwa ada beberapa makanan dan minuman dari Indonesia yang dijual dengan harga amat mahal di negara lain.

1. Kopi luwak

Kopi luwak. (Foto: pexel.com)

Minum kopi pada pagi hari telah menjadi budaya masyarakat di seluruh penjuru dunia. Dari berbagai jenis kopi mahal di dunia, ternyata kopi luwak masuk dalam jajaran kopi termahal di dunia. Kopi luwak dibuat dari biji buah kopi yang dimakan oleh musang, lalu dikeluarkan kembali bersama fesesnya. Di salah satu cafe di California, Amerika Serikat, kopi ini ditawarkan dengan harga sekira Rp1,3 juta per cangkir.

2. Sarang burung walet

Sarang burung walet. (Foto: pixabay.com)

Sarang burung walet dihargai tinggi karena pembuatannya menghabiskan waktu lebih dari 35 hari. Khasiatnya sebagai suplemen kesehatan, antikanker, menambah fitalitas, membuat kulit cantik dan awet muda, serta menjaga kesehatan tubuh menjadikannya dihargai amat tinggi. Satu kilogram sarang burung walet, harganya bisa mencapai Rp40 juta. Wow!

3. Ayam cemani

Ayam cemani. (Foto: http://randomstory.org)

Di Indonesia, tak banyak pasar dan supermarket yang menawarkan ayam cemani. Padahal, ayam yang daging, tulang hingga kulitnya berwarna hitam ini memiliki cita rasa yang lezat. Daging ayam cemani juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, membuat awet muda, dan meningkatkan vitalitas tubuh. Di negara lain, satu ekor ayam cemani bisa dibanderol hingga Rp33 juta per ekor. Sementara di Indonesia, harga ayam cemani berusia 5 bulan hanya Rp500 ribu per ekor. Sedangkan ayam cemani dewasa, Rp1-1,6 juta per ekor.

#Makanan Lokal #Kopi #Menu Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan