3 Makanan bagi Kulit yang Direkomendasikan Dokter (Foto: Gettyimages)

Kita tahu bahwa kecantikan datang dari dalam ke luar, dan hal yang sama terjadi pula untuk kulit Anda. Makanan dapat berpengaruh pada kecantikan kulit kita, seperti lemak sehat dan makanan tinggi air, yang dapat membuat kulit Anda bercahaya.

"Penelitian menunjukkan bahwa makanan sungguh-sungguh memengaruhi rupa kulit kita. Apa yang kita makan dapat berpengaruh pada keseimbangan hormon, menyebabkan jerawat, serta membuat atau mengurangi peradangan, yang berhubungan dengan penuaan kulit," kata Jessica Wu, M.D, dermatologis dari Los Angeles sekaligus penulis buku Feed Your Face.

Berikut adalah 3 makanan bagi kulit yang direkomendasikan dokter, yang terbukti dapat mencerahkan, melembutkan, dan meremajakan kulit Anda.

3. Jeruk

Buah sitrus kaya akan air; memakannya sepanjang minggu akan membantu merehidrasi dan memperbarui sel kulit Anda. Lebih dari itu, "Satu jeruk besar adalah sumber vitamin C yang sempurna, yang membantu menghasilkan kolagen—dan, sebagai imbasnya, menjaga kulit Anda tetap kenyal," Elisa Zied, seorang ahli gizi.

2. Minyak zaitun

Mengingat orang-orang saat ini mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung di wajah mereka, tidak heran jika minyak ini diperhitungkan sebagai salah satu dari makanan yang sangat menyehatkan kulit. "Minyak zaitun mengandung antioksidan yang kuat, termasuk juga vitamin E dan polifenol, yang membantu menangkap dan menetralkan radikal bebas yang akan merusak kulit serta mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan," Elizabeth Tanzi, M.D, pendiri Capital Laser & Skin Care, menjelaskan.

1. Alpukat

Alpukat menjadi urutan pertama dalam daftar makanan yang menyehatkan kulit. "Alpukat sarat dengan lemak yang menyehatkan, yaitu lemak tidak jenuh tunggal, yang membantu kulit Anda tetap lembap. Lemak ini juga dapat membantu Anda menyerap vitamin dan nutrisi yang kulit Anda butuhkan," ujar Zied.

Baca pula artikel lainnya di Fokus Lakukan Ini dalam Seminggu, Berat Badan Anda akan Turun.



Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE