3 Buah Perusak Diet Anda Tidak semua buah rendah kalori, beberapa buah justru mengandung lebih dari 100 kalori per 100 gramnya (Foto: Freeimages)

Para ahli mengungkapkan, buah bisa membantu program diet lantaran rendah kalori dan kandungan seratnya bisa mengenyangkan. Rata-rata setiap 100 gram buah mengandung kurang dari 100 kalori, sehingga buah cocok dijadikan pengganti camilan berlemak dan berkalori tinggi.

Akan tetapi, tidak semua buah rendah kalori. Ada beberapa buah yang mengandung lebih dari 100 kalori per 100 gramnya, bahkan jauh di atasnya. Sementara, untuk program diet Anda perlu mengurangi 500 kalori setiap hari—dari kebutuhan normal 2.500 kalori untuk pria dan 2.000 kalori untuk wanita.

Jika demikian, mengonsumsi buah-buahan dengan kalori tinggi tentu bisa membuat Anda kesulitan memenuhi syarat kalori harian tersebut. Ditambah lagi, buah-buah tersebut juga tinggi lemak. Alih-alih membuat tubuh Anda kurus, ketiga buah ini justru bisa menghancurkan program diet Anda.

1. Durian

Durian mengandung kalori sebanyak 159 kalori per 100 gramnya (Foto: Freeimages)

Kebanyakan orang beranggapan bahwa buah ini bisa menyebabkan kolestrol, padahal sesungguhnya kolestrol hanya terkandung pada produk hewani. Pada kenyataannya, buah yang satu ini justru mengandung banyak kalori. Kandungan kalori per 100 gram durian adalah 159 kalori. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung lemak sebanyak 3,9 gram per 100 gramnya.

2. Kelapa

Segarnya buah tropis ini tidak membantu program diet Anda, karena kelapa mengandung 354 kalori setiap 100 gramnya (Foto: Freeimages)

Meskipun kelapa dapat membersihkan sistem pencernaan tubuh, buah ini sangatlah pantang dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan kalori buah kelapa per 100gram adalah 354 kalori. Sebanyak 33 gram lemak juga terkandung setiap 100 gram buah ini.

3. Alpukat

Alpukat yang enak dibuat jus ini mengandung 160 kalori pada setiap 100 gramnya (Foto: Freeimages)

Buah yang enak dimakan maupun dibuat jus ini, nyatanya tidak baik untuk program diet. Pada setiap 100 gram alpukat terkandung 160 kalori dan 15 gram lemak.

Ketiga buah tersebut sebaiknya Anda hindari jika ingin berdiet. Tingginya kalori yang terkandung pada buah tersebut justru membuat Anda semakin banyak mengasup kalori. Untuk itu, Anda dapat menggantinya dengan buah-buahan rendah kalori, seperti apel, anggur, semangka, dan stroberi. Olahraga secara teratur juga patut Anda lakukan untuk membakar kalori pada tubuh, di samping pengaturan menu makan.

Baca juga artikel Infuse Water, Rahasia Diet Sehat Alami.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH