Indonesiana Travel

10 Pintu Masuk Terbesar Wisman Tahun 2016

10 Pintu Masuk Terbesar Wisman Tahun 2016

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Kunjungan wisman periode Januari-November 2016 mencapai 10,4 juta. Kunjungan ini naik 10,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

Peningkatan kunjungan wisman sungguh menggembirakan bagi pariwisata Indonesia. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata, terutama destinasi alamnya. Saat ini, pemerintah juga tengah menggenjot kunjungan wisman ini melalui pembangunan 10 destinasi wisata prioritas atau diistilahkan "10 Bali Baru".

Dari manakah saja wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia untuk berwisata? Berdasarkan catatan BPS, berikut merahputih.com merangkum 10 pintu masuk yang paling banyak berkontribusi memasukkan wisman untuk menikmati wisata Indonesia.

1. Bandara Ngurah Rai

Bandara Internasional Ngurah Rai terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Bandara yang paling banyak memasukkan wisman di Indonesia ini terletak 13 kilometer dari Ibu Kota Denpasar. Destinasi wisata di Bali paling terkenal di Indonesia, wisata bahari dan wisata budayanya.

Kunjungan wisman di Bandara Internasional Ngurah Rai pada periode Januari-November sebanyak 4.414.688 orang. Kunjungan ini naik 24 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bandara Ngurah Rai. (bali-airport.com)
Bandara Ngurah Rai. (bali-airport.com)

2. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau biasa orang Indonesia menyebutnya dengan Bandara Cengkareng. Terletak berdekatan dengan wilayah Cengkareng, Jakbar, namun secara geografis terletak di Kota Tangerang, Banten. Bandara ini menjadi akses pintu wisman masuk ke Ibu Kota Jakarta, atau sebelum meneruskan ke beberapa destinasi favorit di seluruh tanah air.

Kunjungan wisman di Bandara Soekarno-Hatta pada periode Januari-November sebanyak 2.222.431 orang. Kunjungan ini naik 4,93 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pramugari Garuda Indonesia di Bandara Soetta. (MP/Rizki Fitrianto)
Pramugari Garuda Indonesia di Bandara Soetta. (MP/Rizki Fitrianto)

3. Batam

Pelabuhan Batam Centre terletak di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Padatnya pintu masuk wisman ini di antaranya karena Riau merupakan daerah terdekat dengan negara tetangga Singapura. Sebaliknya juga, wisatawan Indonesia banyak masuk ke Singapura melalui Batam.

Kunjungan wisman di Pelabuhan Batam pada periode Januari-November sebanyak 1.273.195 orang. Kunjungan ini turun sebesar 7,45 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. BPS tidak merinci penurunan ini.

Pelabuhan Batam Centre. (batamports.com)
Pelabuhan Batam Centre. (batamports.com)

4. Tanjung Uban

Tanjung Uban terletak di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Tanjung Uban juga merupakan akses ke Pulau Batam dan negara tetangga Singapura.

Kunjungan wisman di Tanjung Uban pada periode Januari-November sebanyak 272.584 orang. Kunjungan ini turun sebesar 0,29 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kapal patroli imigrasi Tanjung Uban. (imigrasitanjunguban.or.id)
Kapal patroli imigrasi Tanjung Uban. (imigrasitanjunguban.or.id)

5. Bandara Juanda

Bandar Udara Internasional Juanda terletak di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bandara tersibuk kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta ini berada 20 km sebelah selatan Surabaya. Bandara ini menjadi pintu masuk wisman untuk menikmati wisata Surabaya dan kawasan wisata yang tersebar di Jawa Tengah.

Kunjungan wisman di Bandara Juanda pada periode Januari-November sebanyak 199.155 orang. Kunjungan ini turun sebesar 8,24 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bandara Juanda. (juanda-airport.com)
Bandara Juanda. (juanda-airport.com)

6. Bandara Kualanamu/Polonia

Bandara Internasional Kualanamu terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara ini menggantikan Bandara Polonia. Bandara Kualanamu merupakan akses wisman ke Medan dan beberapa kota lainnya di Sumatera Utara. Bandara ini merupakan bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta. Keberadaan destinasi wisata dunia Danau Toba mendongkrak kunjungan wisata melalui Bandara Kualanamu.

Kunjungan wisman di Bandara Kualanamu pada periode Januari-November sebanyak 177.695 orang. Kunjungan ini turun sebesar 0,54 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bandara Kualanamu. (kualanamu-airport.co.id)
Bandara Kualanamu. (kualanamu-airport.co.id)

7. Bandara Husein Sastranegara

Bandara Internasional Husein Sastranegara terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Meski bandara ini tidak terlalu besar, namun akses utama wisman ke Kota Kembang yang terkenal dengan wisata kuliner dan belanjanya. Bandara ini merupakan bandara tua peninggalan Belanda yang dulu bernama Lapangan Terbang Andir. Wisatawan Malaysia banyak mengakses bandara ini untuk berbelanja di Bandung.

Kunjungan wisman di Bandara Husein Sastranegara pada periode Januari-November sebanyak 158.623 orang. Kunjungan ini naik sebesar 11,19 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bandara Husein Sastranegara. (bandngairport.com)
Bandara Husein Sastranegara. (bandngairport.com)

8. Bandara Adi Sucipto

Bandara Internasional Adi Sucipto terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara milik TNI Angkatan Udara ini menjadi akses wisatawan mancanegara ke Yogyakarta yang tekenal dengan destinasi wisata budayanya.

Kunjungan wisman di Bandara Adi Sucipto pada periode Januari-November sebanyak 101.181 orang. Kunjungan ini naik sebesar 41,77 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bandara Adi Sucipto. (adisutjipto-airport.co.id)
Bandara Adi Sucipto. (adisutjipto-airport.co.id)

9. Tanjung Pinang

Tanjung Pinang merupakan ibu kota Provinsi Riau. Terletak di Pulau Bintan, Pelabuhan Tanjung Pinang menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara ke pulau yang memiliki banyak destinasi wisata indah ini. Tanjung Pinang terkenal dengan kawasan wisata pantai yang menarik banyak minat wisman, terutama wisatawan Malaysia dan Singapura.

Kunjungan wisman di Tanjung Pinang pada periode Januari-November sebanyak 82.394 orang. Kunjungan ini naik sebesar 2,72 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pelabuhan Sri Bintan Pura. (Instagram/edison_eska)
Pelabuhan Sri Bintan Pura. (Instagram/edison_eska)

10. BIL

Bandara Internasional Lombok terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Lombok ini menjadi destinasi bahari andalan wisman setelah Bali. Lombok terkenal dengan keindahan pantai-pantainya.

Kunjungan wisman di BIL pada periode Januari-November sebanyak 81 044 orang. Kunjungan ini naik sebesar 31,28 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

BIL. (lombok-airport.co.id)
BIL. (lombok-airport.co.id)

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami