Entertainment Lainnya

10 Manfaat Mengonsumsi Cabai bagi Kesehatan

10 Manfaat Mengonsumsi Cabai bagi Kesehatan

Mengonsumsi cabai sudah menjadi bagian dari kuliner sehari-hari bagi orang Indonesia. Orang Indonesia juga terkenal karena sambalnya. Makan tanpa sambal rasanya seperti sayur tanpa garam.

Saat harga cagai melambung, ibu-ibu yang sangat terkena dampak. Bumbu wajib di dapur ini harus dikurangi sedikit meski terkadang terasa mengurangi selera. Tapi, bagi orang-orang yang kreatif cabai yang mudah ditanam menjadi solusi untuk mengurangi pembelian cabai di pasar. Jadi pada dasarnya, sangat mudah mendapat cabai di Indonesia.

Banyak kuliner nusantara juga selalu menyertakan cagai sebagi sebagai bumbu wajib. Contohnya kuliner dari Minang yang identik dengan pedasnya.

Tapi tahukah MP Friends tentang manfaat mengonsumsi cabai bagi kesehatan? Berikut merahputih.com sajikan 10 manfaat mengonsumsi cabai bagi kesehatan yang diolah dari berbagai sumber.

Cabai rawit. (Instagram/maktiendailyfood)
Cabai rawit. (Instagram/maktiendailyfood)

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Cabai yang mengandung Vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Cabai menjadi alternatif lain di samping
wortel, minyak ikan, susu, keju, dan lainnya.

Manfaat vitamin A ini meningkatkan kesehatan penglihatan dan mencegah rabun terutama untuk usia tua.

Ilustrasi. (Instagram/wijayaoptik)
Ilustrasi. (Instagram/wijayaoptik)

2. Manfaat bagi Kesehatan Jantung

Mengonsumsi cabai dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Cabai mengandung capsaicin. Zat ini dapat membantu melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Capcaisin terdapat dalam rasa pedas pada cabai. Senyawa ini terbukti mampu meningkatkan kerja organ jantung. Tapi, mengonsumsi cabai tentu jangan berlebihan karena tetap ada efek samping.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini kabar gembira bagi kamu yang sedang diet. Makan cabai bisa membantu menurunkan berat badan.

Cabai mengadung capsaicin yang membuatnya terasa pedas. Senyawa ini dapat dapat membantu mengurangi berat badan karena meningkatkan metabolisme tubuh. Pedas dalam cabai juga membantu pembakaran kalori.

Cabai merah. (Instagram/khoirul_yunus)
CaCabai merah. (Instagram/khoirul_yunus)

4. Membantu Mengatasi Anemia

Mengonsumsi cabai sangat baik untuk mengatasi anemia. Anemia dapat menyebabkan lelah dan kurang bersemangat.

Manfaat cabai untuk mengatasi anemia ini karena kandungan tembaga dan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah baru.

5. Cabai untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Seperti disebutkan pada poin 3, cabai mengandung capcaicin yang membuatnya terasa pedas. Kandungan ini dapat merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan membantu meningkaatkan mood yang baik.

Ilustrasi. (Instagram/ahyu_ciret57)
Ilustrasi. (Instagram/ahyu_ciret57)

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tahukah kamu makan cabai dapat meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir? Hal ini karena kandungan zat besi dalam cabai dapat meningkatkan hemoglobin dan meningkatkan aliran darah.

Jumlah oksigen dan zat besi dapat memacu otak untuk meningkatkan kinerja berpikir. Selain itu, juga dapat membantu mencegah gangguan kognitif seperti penyakit alzheimer dan demensia.

7. Membantu Melancarkan Pencernaan

Makan cabai dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena cabai sebagai detoxicants pencernaan dapat membantu proses pencernaan makanan.

Sebagai pendetoks alami, cabai juga dapat membersihkan limbah tubuh dan meningkatkan nutrisi jaringan tubuh.

Sistem pencernaan. (Instagram/dikkirifaldi_bloggram)
Sistem pencernaan. (Instagram/dikkirifaldi_bloggram)

8. Makan Cabai Membantu Tingkatkan Imunitas

Warna merah pada cabai menandakan kandungan yang tinggi dari beta karoten atau pro vitamin A.

Vitamin A merupakan zat penting untuk kesehatan selaput lendir, misalnya pada lubah hidung, paru-paru, saluran pencernaan, dan pertahanan pertama tubuh terhadap patogen.

9. Cabai sebagai Terapi

Mengonsumsi cabai bisa membantu untuk releksasi dan terapi. Hal ini bisa membuat seseorang lebih mudah bersantai.

Capsaicin blok alami dalam cabai disebut substance P berguna untuk mengurangi dan mencegah beragam gangguan kesehatan seperti sakit kepala dan migrain. Itu membuat seseorang lebih bersantai.

Rileksasi. (Intagram/darma.ajah)
Rileksasi. (Intagram/darma.ajah)

10. Mencegah Risiko Kanker Payudara

Cabai mengandung nutrisi aktif untuk membunuh sel kanker. Untuk itu, mengonsumsi cabai sangat disarankan untuk mencegah risiko kanker, khususnya kanker payudara.

Cabai mengandung nutrisi dan vitamin untuk membunuh sel kanker. Kandungan capsaicin dalam cabai mampu memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Ilustrasi kanker payudara. (Instagram/novanggaputras)
Ilustrasi kanker payudara. (Instagram/novanggaputras)

Mengonsumsi cabai yang dipadukan dengan banyak makanan memang bermanfaat bagi kesehatain. Tapi MP Friends harus ingat, mengonsumsi cabai juga memiliki efek samping, terutama jika berlebihan.

Info kesehatan lainnya dapat dibaca juga di 10 Manfaat Mengonsumsi Petai bagi Kesehatan

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami