10 Manfaat Makan Cokelat bagi Kesehatan Cokelat. (Instagram/david.r.thomas__)

Cokelat menjadi makanan yang sangat populer. Terutama pada bulan ini, Februari, orang-orang berbondong-bondong membeli cokelat sebagai hadiah pada Hari Valentine.

Cokelat merupakan olahan makanan atau minuman yang berasal dari biji kakau (theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno atau wilayah tengah Meksiko hingga ke Kosta Rika. Penduduk Mesoamerka mengonsumsi cokelat pertama kali sebagai minuman.

Saat ini, cokelat diproduksi dengan beragam rasa. Cokelat juga dibuat dengan corak dan bentuk seunik mungkin. Harganya pun sangat beragam, dari cokelat berharga murah hingga sangat mahal.

Keberagaman produk cokelat yang semakin berkembang ini juga karena cokelat kerap digunakan sebagai hadiah pada hari-hari istimewa. Hadiah cokelat melambangkan ucapan terima kasih hingga rasa cinta. Cokelat juga identik dengan hadiah yang diberikan pria terhadap wanita.

Tapi, tahukah kamu manfaat makan cokelat bagi kesehatan? Selain rasanya enak, cokelat juga memiliki banyak manfaat. Berikut merahputih.com sajikan 10 manfaat cokelat bagi kesehatan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Berat Badan

Ini kabar gembira bagi kamu yang ingin kurus. Cokelat dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena cokelat memberikan efek terhadap perasaan kenyang.

Ketika kamu makan cokelat, perasan kenyang membuat nafsu kamu untuk mengonsumsi makanan lain berkurang.

Ilustrasi. (Instagram/ai.ito824)
Ilustrasi. (Instagram/ai.ito824)

2. Cokelat Baik untuk Kesehatan Otak

Cokelat baik untuk kesehatan otak kamu. Cokelat terbukti dapat mengurangi kehilangan memoris saat kita tua. Selain itu, cokelat juga bermanfaat dalam pengobatan cedera otak.

3. Mencegah Diabetes

Makan cokelat dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Cokelat dapat meningkatkan produksi insulin alami dalam pencegahan diabetes ini.

4. Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung

Makan cokelat juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Flavanoid dalam cokelat memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung, karena membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak.

 Ilustrasi. (Instagram/blue_onair)
Ilustrasi. (Instagram/blue_onair)

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan flavonoid yang dikandungnya. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan untuk memproduksi oksida nitrat yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Bermanfaat untuk Mengurangi Risiko Kanker

Cokelat bermafaat sebagai makanan pelawan kanker. Antioksidan dalam cokelat menghasilan protein yang dapat mematikan sel-sel yang terdapat sel kanker.

7. Mengurangi Stres

Makan cokelat dapat membantu mengurangi stres atau depresi. Hal itu karena kandungan serotonin dalam cokelat berfungsi sebagai antidepresan alami.

Selain itu, cokelat juga bermanfaat untuk kesehatan ibu dan bayi. Itu karena cokelat dapat mengurangi stres pada ibu hamil dan berpengaruh juga untuk bayi yang dikandung.

8. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Flavonoid dalam cokelat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Seperti disinggung pada poin 4, makan cokelat juga baik untuk kesehatan karena membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan otek.

Ilustrasi. (Instagram/barbarakoeppl)
Ilustrasi. (Instagram/barbarakoeppl)

9. Mengatasi Kelelahan

Makan cokelat dapat membantu mengatasi atau menjambantu meningkatkan mood dan mengembalikan energi dalam tubuh kamu.

10. Melindungi Kulit

Cokelat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, cokelat juga dapat menghaluskan kulit. Kandungan Flavanols dalam cokelat dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu dapat meremajakan sel-sel pada kulit.

Chocolate massage. (Instagram/little.guest.hotels.collection)
Chocolate massage. (Instagram/little.guest.hotels.collection)

Cokelat ternyata gak hanya enak, tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Memberi hadiah cokelat kepada orang yang kita sayang bisa berarti juga sebagai harapan kesehatan. Selamat Hari Valentine!

Artikel lain dari merahputih.com seputar Hari Valentine dapat dibaca juga di 5 Bunga Hadiah Valentine yang Cocok Sesuai Kepribadian



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH